Banjarmasin (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel) membuka kunjungan Idul Fitri 1444 Hijriah di seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan) serta Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) pada Lebaran hari ketiga.

"Alhamdulilah hari ini dibuka kunjungan bagi keluarga yang ingin bertemu warga binaan Pemasyarakatan di momen Lebaran," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel Faisol Ali di Banjarmasin, Senin.

Dijelaskan dia, momentum bersilaturahmi dengan keluarga akhirnya dapat dirasakan juga oleh para warga binaan pada momentum Lebaran tahun ini.

Mengingat kunjungan tatap muka sempat ditiadakan dan digantikan dengan kunjungan virtual dalam tiga tahun terakhir dikarenakan pandemi COVID-19.

"Tentu kunjungan kali ini semakin spesial bagi warga binaan dan Keluarga yang dapat melepas rindu menikmati kebersamaan di hari Lebaran," ujarnya.

Jadwal kunjungan pada 15 Lapas dan Rutan dibuka pada Senin (24/4) dan Selasa (25/4) melalui dua sesi, yakni sesi pertama pukul 08.00 hingga 12.00 Wita dan sesi kedua pukul 13.00 sampai 17.00 Wita.

Adapun mereka yang diizinkan berkunjung hanya keluarga inti dan maksimal tiga orang.

Petugas juga mengingatkan pengunjung mematuhi peraturan yang berlaku serta tidak membawa barang-barang yang dilarang dengan pemeriksaan ketat untuk memastikan keamanan dan ketertiban di Lapas.

Diketahui pada Lebaran tahun ini 63 narapidana di Kalsel langsung menghirup udara bebas setelah mendapatkan remisi khusus II (RK II) yaitu pemotongan masa tahanan lebih besar dibandingkan sisa masa pidananya.

Sedangkan yang mendapatkan RK I atau pemotongan masa tahanan tidak lebih dari sisa pidananya sebanyak 7.052 orang terdiri dari 15 hari 1.089 orang, 1 bulan 5.405 orang, 1 bulan 15 hari 458 orang dan 2 bulan 100 orang.

Kemudian remisi untuk anak yang berkonflik dengan hukum yaitu RK I sebanyak 28 orang terdiri dari 15 hari 15 orang dan 1 bulan 13 orang.

Pewarta: Firman
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023