Jakarta (ANTARA) -
Arus balik yang menggunakan sepeda motor di jalur Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat, masih sepi pada H+1 Idul Fitri 1444 Hijriah pada Senin.
 
"Kalau pemudik sepeda motor masih terlihat normal, biasanya berbeda dengan keberangkatan mengejar waktu Lebaran," kata Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan Patroli (Turjawali) Polres Metro Bekasi Kota AKP Ganda Siburian saat ditemui di Di Pos Pengamanan Polisi di depan Mal Metropolitan, Bekasi.
 
Ganda menjelaskan, pemudik sepeda motor terlihat kenaikan jumlah signifikan karena biasanya mereka kembali ke Jakarta tidak di awal-awal arus balik.
 
"Kalau kembali selama ini yang kita alami tidak terlalu signifikan banget, karena biasanya pemudik sepeda motor agak lebih santai tidak di awal arus balik," katanya.

Baca juga: Cegah kecelakaan, pemudik roda dua diimbau tidak lewah membawa barang
 
Meski demikian, petugas tetap menyiapkan sejumlah persiapan untuk menghadapi arus balik Lebaran 2023.
 
"Kita tetap menyiapkan anggota untuk mengantisipasi ramainya kedatangan pemudik dengan mengatur lalu lintas agar tetap lancar dan tertib," katanya.
 
Pemerintah memprediksi puncak arus milir (balik ke hilir) Lebaran 2023 berlangsung pada 24-25 April serta 29-30 April dan 1 Mei 2023.
 
"Dari analisis yang kami dapatkan, puncaknya dimulai pada Senin tanggal 24 April, Selasa tanggal 25 April, lalu Sabtu 29 April, Minggu tanggal 30 April dan Senin tanggal 1 Mei," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi usai Rapat Koordinasi Persiapan Arus Balik Idul Fitri 2023 di Jakarta, Minggu.
 
Untuk itu, pihaknya merekomendasikan agar pemudik menghindari perjalanan saat puncak arus milir guna menghindari potensi penumpukan kendaraan.
 

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023