Bandung (ANTARA) -
Ruas jalur fungsional Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) mulai digunakan untuk arus balik ke arah Bandung dengan sistem satu arah pada H+1 Lebaran 2023, Senin.
 
Direktur Teknik dan Operasional PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Tol Cisumdawu Bagus Meidi mengatakan ruas jalur fungsional tol tersebut dibuka untuk ke arah Bandung sejak pukul 07.30 WIB, H+1 Lebaran.
 
"Sudah banyak ya yang lewat tol ke arah Bandung, tapi saya belum menghitung traffic-nya berapa," kata Bagus saat dihubungi di Bandung, Jawa Barat, Senin.
 
Dengan begitu, kini Gerbang Tol Ujung Jaya Utama di Tol Cisumdawu hanya melayani kendaraan yang berasal dari Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).
 
Adapun ruas jalur fungsional Tol Ciwsumdawu itu diterapkan mulai dari Gerbang Tol Ujung Jaya Utama hingga kawasan Cimalaka, Kabupaten Sumedang.
 
Dengan sistem one way tersebut, kendaraan yang berasal dari Bandung menuju ke arah timur itu tidak bisa mengakses ruas fungsional. Sehingga kendaraan dari arah Bandung itu kemudian diarahkan untuk keluar melalui Gerbang Tol Cimalaka.

Sedangkan untuk ruas tol dari Gerbang Tol Cileunyi hingga Cimalaka masih beroperasi normal dan bisa digunakan kedua arah.
 
Bagus mengatakan jalur fungsional pada ruas Tol Ciwsumdawu itu dipergunakan hingga tanggal 1 Mei 2023, atau hingga arus balik selesai. Kemudian ruas tol itu menurutnya ditutup untuk sementara waktu.
 
"Puncak arus balik tanggal 29 kayanya ya, karena kita juga masih mengikuti Tol Cipali saja," kata dia.

Baca juga: Arus mudik di Tol Cisumdawu meningkat pesat pada H-3 Lebaran 2023

Baca juga: CKJT catat kendaraan lewat Tol Cisumdawu masih di bawah 2.000 per hari

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023