Total, sejak kemarin sudah mencapai 20 ribu. Hari ini, diperkirakan bisa mencapai 30 orang, sudah meningkat tajam
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Jumlah kunjungan wisatawan pada sejumlah destinasi wisata yang dikelola Jatim Park Group di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, hingga H+2 libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah dilaporkan mencapai 30 ribu orang.

Marketing and Public Relation Jatim Park Group Titik S Ariyanto, di Kota Batu, Senin mengatakan bahwa jumlah wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata di Jatim Park Group sudah mengalami peningkatan sejak H+1 Lebaran, atau pada 23 April 2023.

"Total, sejak kemarin sudah mencapai 20 ribu. Hari ini, diperkirakan bisa mencapai 30 orang, sudah meningkat tajam," kata Titik.

Baca juga: Polda Jatim catat peningkatan kasus laka lantas saat libur Lebaran

Titik menjelaskan, secara rata-rata pada libur Lebaran 2023 kali ini jumlah wisatawan yang berkunjung mencapai 15 ribu orang per hari. Jumlah tersebut, lebih tinggi dibanding hari biasa atau pada saat akhir pekan yang tercatat sebanyak kurang lebih 10 ribu orang.

Menurutnya, pada libur perayaan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah kali ini, kunjungan wisatawan didominasi oleh keluarga. Mayoritas pengunjung berasal dari wilayah Surabaya, Jawa Tengah hingga Jawa Barat.

Ia berharap, jumlah kunjungan wisatawan khususnya ke destinasi wisata yang dikelola Jatim Paark Group bisa meningkat jika dibandingkan pada masa libur Lebaran pada 2022. Saat itu, jumlah wisatawan yang berkunjung tercatat lebih dari 25 ribu orang per hari.

"Dibanding tahun lalu, harusnya tahun ini lebih ramai. Namun juga, di Jawa Tengah juga banyak destinasi wisata baru yang menjadi alternatif," katanya.

Sebagai informasi, Jatim Park Group saat ini mengelola kurang lebih sebanyak delapan lokasi dengan 14 taman wisata. Beberapa diantaranya adalah Jatim Park 1, Jatim Park 2, Jatim Park 3, Batu Night Spectacular, Eco Green Park dan Museum Angkut.

Pemerintah Kota Batu, memperkirakan pada masa libur Lebaran 2023 akan ada sebanyak 500 ribu hingga 600 ribu wisatawan yang berkunjung ke wilayah tersebut.

Baca juga: Forkopimda Jatim tinjau sejumlah destinasi wisata di Kota Batu

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023