Johannesburg (ANTARA News) - Mentan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela diperkenankan pulang dari rumah sakit pada Rabu malam (26/12), setelah dirawat selama tiga pekan, kata Kantor Kepresidenan.

Juru Bicara Presiden Afrika Selatan Mac Maharaj mengatakan Mandela akan menjalani perawatan intensif di rumah di kediamannya di Houghton sampai ia sepenuhnya pulih.
 
"Kami berterima kasih kepada masyarakat dan media atas doanya dan karena mendukung privasi Madiba dan keluarganya. Kami meminta dilanjutkannya pertimbangan privasi guna memungkinkan terciptanya kondisi terbaik bagi kepulihan penuh."

Mandela (94) dibawa ke rumah sakit di Pretoria pada 8 Desember karena menderita infeksi paru-paru dan batu empedu. Ia menjalani pemulihan setelah para dokter menangani infeksi paru-parunya.

Itu adalah waktu paling lama Mandela dirawat di rumah sakit sejak 2001, ketika ia menjalani radioterapi selama tujuh pekan, setelah didiagnosis menderita kanker prostat.

Pahlawan anti-apartheid tersebut merayakan Natal pada Selasa bersama istrinya, Graca, dan anggota keluarganya bersama Presiden Jacob Zuma, demikian laporan Xinhua.

Mandela kelihatan jauh lebih baik dan berada dalam semangat tinggi, kata Zuma setelah ia menjenguk Mandela di rumah sakit. Ditambahkannya, para dokter di rumah sakit gembira dengan kemajuan yang dialami Mandela.

Seluruh negeri itu telah berdoa agar Mandela segera pulih sepenuhnya.

Mandela menjadi presiden Afrika Selatan dari 1994 sampai 1999. Ia telah menjalani hukuman penjara selama 27 tahun, sebelum terpilih sebagai presiden kulit hitam pertama di negeri tersebut, setelah berakhirnya apartheid.

(C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2012