Seoul (ANTARA) - Sebuah pesawat militer Korea Selatan mengevakuasi 28 warga negaranya dari Sudan bersama dengan beberapa warga Jepang, kata kantor kepresidenan Korea Selatan, Senin.

Upaya tersebut dilakukan setelah pertempuran antara tentara Sudan dan kelompok paramiliter kian memburuk dalam sepekan terakhir.

Sebuah bus yang membawa warga Korea Selatan tiba di Bandara Internasional Port Sudan New untuk dievakuasi menggunakan pesawat kargo C-130 yang kemudian terbang ke Jeddah, Arab Saudi, kata Wakil Direktur Kedua Kantor Keamanan Nasional Lim Jong-deuk dalam jumpa pers.

Lim menambahkan di Jeddah nanti 26 warga Korea Selatan akan naik pesawat militer yang lebih besar yang akan terbang langsung ke Seoul. Dua orang lainnya tidak berencana segera kembali ke Korea Selatan.

Baca juga: TNI kirim Kopasgat demi jamin keselamatan WNI saat evakuasi dari Sudan

"Setelah mereka tiba di Korea, pemerintah kami akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna memastikan akomodasi yang sangat dibutuhkan, seperti memeriksa status kesehatan mereka," kata Lim.

Sejumlah warga negara Jepang juga turut diungsikan, kata Lim tanpa menjelaskan lebih detail.

Sebanyak 28 warga Korea Selatan itu dievakuasi karena ingin meninggalkan Sudan, tetapi ada satu warganya yang memilih tetap berada di negara Afrika bagian utara tersebut.

Korea Selatan mengaku  telah mengerahkan pesawat militer dan angkatan laut di dekat Sudan guna membantu warganya.

Baca juga: Pesawat militer Belanda pengangkut warga asing sudah tinggalkan Sudan

Sumber: Reuters
 

Penerjemah: Shofi Ayudiana
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023