Lombok Barat (ANTARA) - Satuan Lalulintas Kepolisian Resor (Polres) Lombok Barat bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat menyediakan pelayanan bus gratis saat arus balik mudik di Pelabuhan Lembar.

Kepala Satuan Lalulintas Polres Lombok Barat AKP Agus Rachman, di Kabupaten Lombok Barat, Selasa, mengatakan penyediaan bus gratis tersebut bertujuan untuk memudahkan para pemudik yang membutuhkan bantuan terutama armada transportasi.

"Untuk arus mudik dan arus balik di wilayah hukum Polres Lombok Barat relatif landai. Namun demikian, kami tetap melakukan langkah-langkah antisipasi," katanya.

Menurut dia, tidak menutup kemungkinan pemudik bisa saja mengalami kesulitan, baik itu saat mudik ke kampung halamannya maupun akan kembali ke Pulau Lombok.

Oleh sebab itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat untuk menyiagakan armada bus yang dapat dimanfaatkan oleh pemudik secara gratis.

"Pemudik yang akan mudik balik dapat memanfaatkannya kapan saja saat membutuhkan, salah satunya kami siagakan di Pelabuhan Lembar," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat H Mohammad Najib menyebutkan jumlah armada bus gratis yang disiapkan sebanyak dua unit, terdiri atas bus Damri dan bus milik Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Barat.

Dua unit bus gratis tersebut beroperasi melayani arus balik mudik sejak Senin (24/4) hingga kondisi arus balik sudah melandai di Pelabuhan Lembar.

Ia menambahkan layanan bus gratis tersebut bisa dimanfaatkan oleh pemudik yang tidak ada kendaraan penjemput atau tidak membawa kendaraan. Mereka akan diantar hingga ke tempat tujuan.

"Tidak ada syarat khusus untuk bisa naik bus gratis, namun kita prioritaskan pemudik dari Kabupaten Lombok Barat dulu," katanya.

Baca juga: Polda Jatim siapkan 127 bus gratis untuk balik mudik
Baca juga: Jasa Raharja siapkan mobil keselamatan lalu lintas gratis saat Lebaran
Baca juga: INALUM berangkatkan ratusan pemudik pada Mudik Gratis BUMN 2023

 

Pewarta: Awaludin
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023