Jakarta (ANTARA) -
Leukemia myeloid akut (AML) adalah jenis kanker yang terjadi pada darah dan sumsum tulang, ditandai dengan pertumbuhan sel jinak yang cepat yang mengganggu produksi sel darah normal.
 
Laman Medical Daily pada  Jumat (21/4) menjelaskan leukemia myeloid akut dinamai demikian karena mempengaruhi sekelompok sel darah putih yang disebut sel myeloid dan mencegahnya menjadi sel matang yang membentuk struktur dasar darah. Kata "akut" menandakan seberapa cepat penyakit itu menyebar.

Tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kesadaran Leukemia Myeloid Akut. Berikut adalah enam fakta penting tentang penyakit yang harus diketahui semua orang.
 
1. Menyebar dengan sangat cepat
Leukemia myeloid akut menyebabkan ledakan sel darah putih yang belum matang yang disebut myeloblasts, yang sebagian besar tidak berfungsi.

Myeloblasts menyebabkan tubuh kekurangan sel darah putih penangkal infeksi, sehingga orang dengan leukemia myeloid akut lebih rentan terhadap infeksi. Sel-sel leukemia kemudian masuk ke aliran darah dan menyebar ke bagian tubuh yang lain.

2. Sangat umum diantara orang dewasa
Lima dari 100.000 orang di Inggris, dan sekitar 20.000 orang setiap tahun di AS terkena AML menurut perkiraan American Cancer Society.

3. Faktor risiko 
Sebenarnya tidak ada faktor risiko spesifik yang bisa menyebabkan AML, namun, usia, merokok, kelainan genetik, dan penyakit darah bisa berperan.

4. Kemoterapi
Seperti semua kasus kanker lainnya, kemoterapi juga diresepkan untuk pasien AML. Alternatif yang efektif adalah transplantasi sel punca.
 
5. Bantuan medis sedini mungkin
Seseorang perlu segera memeriksakan diri ke dokter begitu mengalami gejala AML. Gejala yang sering ditemui adalah kelelahan, tulang terasa sakit, kulit pucat, sering mengalami infeksi, mudah memar, sering mengalami mimisan dan sesak napas.

6. Pola makan yang baik dapat meningkatkan respons kekebalan tubuh
Makan makanan sehat yang kaya akan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat mempercepat pemulihan kanker.

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023