Pemkab Purwakarta juga menerjunkan puluhan personel dari Disporaparbud untuk memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan
Purwakarta, Jabar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menjamin sejumlah tempat wisata di daerahnya aman dan nyaman untuk dikunjungi pada musim libur Lebaran 2023.

"Kami melakukan monitoring secara berkala ke sejumlah tempat wisata selama musim libur Lebaran untuk memastikan kenyamanan dan keamanan para pengunjung wisata," kata Sekda Purwakarta Norman Nugraha di Purwakarta, Jabar, Selasa.

Ia menyampaikan untuk memastikan keamanan para wisatawan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak keamanan, yakni TNI dan Polri.

Sedangkan, untuk memastikan kenyamanan para pengunjung, pemkab telah mengingatkan para pengelola wisata untuk menerapkan standar-standar pelayanan yang baik.

"Pemkab Purwakarta juga menerjunkan puluhan personel dari Disporaparbud untuk memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan," katanya.

Menurut dia, Pemkab Purwakarta terus memfasilitasi para pelaku usaha pariwisata dengan mengidentifikasi fasilitas-fasilitas penunjang yang diperlukan.

Identifikasi juga dilakukan untuk kawasan wisata baru yang kemungkinan dapat dikembangkan.

Sementara itu, Humas Kawasan Cikao Park Purwakarta Agung Prasetio mengatakan dalam menyambut musim mudik dan liburan Lebaran ini, pihaknya terus meningkatkan fasilitas untuk memanjakan para wisatawan.

Kawasan wisata yang berada di jalur strategis atau jalur nasional nontol Jakarta-Bandung, tepatnya di Jalan Raya Sukatani, Desa Cisalada, Kecamatan Jatilihur, itu menyediakan areal wisata serta untuk bersantai bernama Rest Area 1001.

Menurutnya, rest area tersebut menyediakan berbagai fasilitas seperti toilet gratis, areal parkir luas hingga menjajakan beragam macam kuliner khas Purwakarta hingga kuliner berbau modern.

Pengelola juga mendukung pengembangan pelaku UMKM di wilayah sekitar, dengan menjajakan dan menyediakan lahan untuk berusaha.

Baca juga: Kawasan Wisata Cikao Park Purwakarta ramai saat libur lebaran
Baca juga: Bupati sebut sejumlah tempat wisata di Purwakarta layak dikunjungi
Baca juga: Pemkab Purwakarta antisipasi lonjakan wisatawan saat libur lebaran

Pewarta: M Ali Khumaini
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023