Mentok, Babel (ANTARA) - PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan Pelabuhan Tanjungkalian, Mentok, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melayani penyeberangan kapal feri sebanyak sembilan trip dari pelabuhan tersebut menuju Pelabuhan Tanjungapi-api, Sumatera Selatan.

"Secara keseluruhan pelayanan arus balik normal, berbeda dengan pelayanan arus mudik kemarin yang cukup padat, bahkan dalam sehari bisa mencapai 12 hingga 14 trip," kata General Manager PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian Mentok Christopher Samosir di Mentok, Selasa.

Situasi penyeberangan arus balik kali ini normal dan lancar, karena waktu libur anak sekolah dan cuti bersama Idul Fitri 1444 Hijriah yang cukup panjang dan jadwal kembali bekerja dan masuk sekolah yang tidak bersamaan.

Baca juga: Pemkab dorong Pelabuhan Tanjungkalian bangun dermaga baru

"Kami prediksi akan terjadi dua kali lonjakan jumlah penumpang yang akan menyeberang pada pelayanan arus balik tahun ini, yaitu pada hari ini dan pada Senin (1/5)," katanya.

Pada Senin (24/5), ASDP Tanjungkalian memberikan pelayanan penyeberangan kapal feri sembilan trip dengan jumlah penumpang sekitar 2.500 orang, sedangkan jumlah kendaraan 414 unit, sepeda motor dan mobil.

"Jumlah penumpang tersebut dilayani dengan sembilan trip kapal feri, namun jumlah tersebut bisa bertambah jika hari ini terjadi lonjakan penumpang, karena pola yang dilakukan menyesuaikan kebutuhan di lapangan," katanya.

Baca juga: Antrean kendaraan mulai terjadi di Pelabuhan Tanjungkalian

Baca juga: Puluhan mobil antre di Pelabuhan Tanjungkalian


Untuk hari ini pihaknya memprediksi jumlah penumpang yang akan menyeberang menuju Pulau Sumatera masih ramai dengan perkiraan mencapai 2.000 orang penumpang, sedangkan penumpang kendaraan diperkirakan mencapai sekitar 600 unit.

"Jika melihat jumlah penumpang yang terjadi dalam tiga hari terakhir, ada kecenderungan mengalami peningkatan penumpang orang dan kendaraan roda empat," katanya.

PT ASDP Pelabuhan Tanjungkalian tetap berupaya memberikan pelayanan terbaik, baik pada saat arus mudik maupun balik dengan harapan agar para pelaku bisa lancar, aman, dan selamat sampai tujuan masing-masing.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023