Kapal perang buatan PT PAL Indonesia yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Agung Ari Wibowo tersebut akan berlayar...menuju Jakarta dan diperkirakan sampai di Jakarta pada Kamis 27 April 2023
Surabaya (ANTARA) - Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banjarmasin 592 mengangkut ratusan pemudik asal Jawa Timur dan Jawa Tengah menuju Jakarta saat arus balik Lebaran 2023.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Supardi, dalam keterangannya, di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Selasa, mengatakan ratusan peserta Mudik Asyik Gratis Naik KRI Banjarmasin 592 tersebut berjumlah 170 orang beserta puluhan unit kendaraan roda dua dari Dermaga Madura Koarmada II Surabaya.

"Kapal perang buatan PT PAL Indonesia yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Agung Ari Wibowo tersebut akan berlayar menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, untuk menjemput para peserta mudik gratis sebanyak 350 penumpang menuju Jakarta dan diperkirakan sampai di Jakarta pada Kamis 27 April 2023," ujarnya.

Sebelum berangkat Danlantamal V dengan didampingi Asops Danlantamal V Kolonel laut (P) Muhammad Taufik, Kadispotmar Koarmada II Kolonel Laut (P) Martinus Hary Wibowo, dan Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Herlina, meninjau kesiapan sarana dan prasarana serta menyapa para pemudik.

Baca juga: Kapal Perang KRI Banjarmasin angkut 861 pemudik menuju Surabaya

Mudik gratis dari jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) tersebut terselenggara berkat kerja sama TNI AL dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Badan Amal Zakat Nasional (Baznas), dan PT. Pelindo.

"Program mudik gratis naik kapal perang jenis Landing Platform Dock (LPD) ini merupakan tindak lanjut dari kebijakan pemerintah untuk mengurangi pemudik sepeda motor lintas kota maupun lintas provinsi yang sangat rentan dengan kecelakaan," katanya.

Menurut dia, dengan menggunakan kapal perang tentunya dapat mengurangi risiko kecelakaan dan kemacetan di jalanan.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk menghindari puncak arus balik Lebaran 2023 pada 24-25 April 2023 guna memecah penumpukan orang dan kendaraan.

Baca juga: Jokowi ajak masyarakat hindari puncak arus balik 24-25 April

 

Pewarta: Abdul Hakim/Naufal Ammar Imaduddin
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023