silakan saja tetapi harus memiliki keterampilan yang pasti
Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa masyarakat yang ingin mengadu nasib ke ibu kota negara harus ada ataupun menyiapkan keterampilan.

"Kalau masyarakat mau mengadu nasib, ya tidak boleh dilarang, silakan saja tetapi harus memiliki keterampilan yang pasti," kata Muhadjir Effendy, kepada wartawan di Bandarlampung, Selasa.

Ia pun menyarankan agar mereka yang ingin mencari peruntungan di daerah seberang harus tahu persis mau kemana dan dimana kelak mereka bekerja serta apa yang akan didapatkannya.

"Jangan sampai harapannya tinggi ternyata nanti mengalami masalah dan ternyata lebih enak di tempat asal daripada mencari pekerjaan di daerah seberang," kata dia pula.

Baca juga: Tren pendatang ke Jakarta 80 persen berpendidikan SLTA ke bawah
Baca juga: Pemudik diimbau tak bawa pendatang baru ke Jakarta Barat

Terlebih, Muhadjir mengatakan bahwa sudah terbukti di daerah sentra Industri yang ada di daerah seberang angka penganggurannya tinggi dan itu bukan berasal dari penduduk asli.

"Jadi angka pengangguran tinggi di daerah sentra industri itu bukan dari penduduk asli, tetapi mereka yang datang dengan spekulasi tinggi tanpa ada keterampilan," ujarnya lagi.

Tentu, kata Muhadjir, bila hal itu kerap terjadi akan sangat membebani keluarga mereka sendiri dan juga pemerintah, namun begitu tak ada yang dapat melarang seseorang yang ingin mengadu nasibnya di daerah seberang.

"Jadi sekali lagi, kami tidak bisa melarang, namun dihitung benar ketrampilannya apa, tujuan kerjanya apa, peluangnya seperti apa. Itu harus dihitung benar jangan sampai kemudian jadi orang telantar, karena justru tidak semudah dan dan seenak yang diperkirakan," katanya.

Baca juga: Disdukcapil DKI sebut 50 persen pendatang tak punya keterampilan

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023