Jakarta (ANTARA) - Miami Heat melakukan "comeback" luar biasa pada akhir laga dengan mencetak 41 poin di kuarter keempat dan menaklukkan Milwaukee Bucks dengan skor akhir 119-114 dalam laga keempat playoff NBA Wilayah Timur yang digelar di FTX Center Miami Florida, Selasa WIB.

Kemenangan ini membawa Miami Heat mengungguli Milwaukee Bucks 3-1 dalam rangkaian laga "best of seven". Heat hanya perlu menuai satu kali lagi kemenangan untuk berhak lolos ke putaran dua playoff.

Pahlawan Miami Heat adalah Jimmy Butler yang mencetak 56 poin, atau menyamakan skor terbanyak keempat yang pernah dicetak oleh pemain NBA di babak playoff.

Skor itu pula menjadi catatan tertinggi Butler sepanjang kariernya, sekaligus juga menjadi poin tertinggi yang pernah dicetak oleh pemain Miami Heat dalam sejarah tim. Sebanyak 21 poin dicetak oleh Butler di kuarter keempat.

"Kami tahu apa yang kami mampu lakukan. Bahkan jika tidak ada orang di luar gedung ini, di luar pemain roster ini, dan di luar tim ini yang percaya pada kami, tidak apa-apa. Kami hanya ingin terus melakukan apa yang kami yakini bisa terjadi," kata Butler dilansir laman resmi NBA.

Bagaimana tidak, Miami Heat adalah tim peringkat delapan di klasemen NBA Wilayah Timur dengan persentase kemenangan 53,7 persen sepanjang musim reguler NBA 2022-2023. Bahkan Heat harus bersusah payah melalui dua pertandingan di babak play-in atau kualifikasi, sebelum bisa masuk ke babak play-off NBA.

Sementara lawannya Milwaukee Bucks adalah tim terbaik di klasemen NBA Wilayah Timur yang bertengger di peringkat satu dengan torehan 58 menang dan 24 kalah, atau persentase kemenangan mencapai 70,7 persen sepanjang musim reguler.

Namun sekarang Heat memimpin dengan keunggulan 3-1 melawan Bucks di babak playoff. Heat hanya perlu memenangkan satu pertandingan lagi untuk menyingkirkan Bucks dari kompetisi pascamusim NBA.

Sebaliknya, Bucks harus memenangkan tiga pertandingan berturut-turut jika tidak mau tersingkir dari babak playoff.

Baca juga: Lakers menangkan pertempuran sengit lawan Grizzlies, unggul 3-1

Cerita tim peringkat delapan mengungguli 3-1 tim peringkat satu di babak playoff ini hanya pernah terjadi sebanyak empat kali sepanjang histori format playoff NBA dibuat sejak 1984.

Sebenarnya bukan tanpa alasan Heat bisa unggul sampai sejauh ini. Bucks sangat tidak beruntung karena kehilangan pemain terpentingnya, yakni Giannis Antetokounmpo, sejak gim pertama hingga gim ketiga.

Giannis terjatuh dengan keras di gim pertama yang menyebabkan cedera pada punggung bawahnya. Dia hanya bermain separuh pertandingan di laga pertama yang dimenangkan oleh Heat. Giannis lalu absen di dua laga selanjutnya.

Di gim keempat ini, Giannis sudah bermain sebagai roster. Namun dia belum pulih betul dari cedera karena harus mendapatkan perawatan pada punggung bawahnya di pinggir lapangan, pada saat pertandingan sedang berlangsung.

Giannis mencetak triple-double dengan 26 poin, 10 rebound, dan 13 assist untuk Bucks yang memimpin sejak awal laga hingga menit terakhir kuarter empat.

Brook Lopez mencatat double-double dengan 36 poin dan 11 rebound, Khris Middleton dan Jrue Holiday sama-sama mencetak 14 poin.

Sementara Jimmy Buttler hampir memenangkan laga sendirian dengan 56 poin dan 9 rebound. Sementara Bam Adebayo mencetak 15 poin, Caleb Martin 12 poin, dan Gabe Vincent 10 poin.

Gim kelima antara kedua tim akan dilangsungkan di markas Bucks pada Kamis (27/4).

Baca juga: Menang atas Clippers, Suns selangkah lagi ke putaran dua playoff

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023