Sistem one way atau satu arah ini bukan hanya di tol saja. Kami juga melakukan one way, buka tutup jalur, dari Cilacap Banyumas khususnya jalur di wilayah Brebes karena arah ke Jakarta cukup padat
Semarang (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah mencatat volume kendaraan arus balik via jalur arteri di wilayah Jawa Tengah mengalami kenaikan hingga 49 persen pada H+2 Idul Fitri 1444 Hijriah atau Selasa (25/4).

"Lalu lintas di luar jalan tol juga kita hitung, jadi peningkatan hampir sekitar 49 persen yang menuju Jakarta yang tidak melalui tol," kata Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryonugroho di Semarang, Jawa Tengah, Selasa.

Agus mengatakan Polda Jawa Tengah lewat Operasi Ketupat Candi 2023 telah menyiapkan 21.600 personel untuk pengamanan selama libur Lebaran 2023 atau 1444 Hijriah.

Personel tersebut telah disebar di 243 pos pelayanan dan pos pengamanan. Personel tersebut juga ditugaskan mengelola arus lalu lintas jika terjadi kepadatan.

Agus mengungkapkan ada beberapa titik di jalur arteri yang rawan terjadi kepadatan lalu lintas, namun Ditlantas Polda Jawa Tengah sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas di titik-titik tersebut.

"Sistem one way atau satu arah ini bukan hanya di tol saja. Kami juga melakukan one way, buka tutup jalur, dari Cilacap Banyumas khususnya jalur di wilayah Brebes karena arah ke Jakarta cukup padat sehingga Flyover Klonengan Brebes dilakukan one way," ujarnya.

Gerbang Tol Kalikangkung, yang merupakan rute utama arus mudik dan arus balik, pada H+2 Idul Fitri 1444 Hijriah mencatat kenaikan volume kendaraan menuju Jakarta sebesar 66,9 persen.

Agus menyebut ada kenaikan volume kendaraan di dari sekitar 29.000 kendaraan menjadi sekitar 49.000 kendaraan.

Pemerintah telah memberlakukan sistem one way atau satu arah di mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung KM414 di Semarang sampai Tol Jakarta-Cikampek KM72.

Sehingga meski mengalami kenaikan volume kendaraan, tidak ada kepadatan di GT Kalikangkung hingga Selasa sore pukul 15.00 WIB

Sistem rekayasa lalu lintas jalan one way GT Kalikangkung menuju Jakarta via Tol Jakarta-Cikampek awal akan diterapkan hanya pada Senin (24/4) pukul 14.45-00.00 WIB.

Namun pada Selasa pagi Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengumumkan sistem one way diperpanjang hingga Selasa pukul 00.00 WIB.

Baca juga: Arus balik arah Jakarta di Tol Semarang padat merayap
Baca juga: Angkutan dalam kota tersedia 24 jam di Terminal Kampung Rambutan

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023