dipadati pengunjung sejak pagi hingga petang, didominasi pemudik dengan kendaraan roda empat bernopol Jakarta, Bandung dan sekitarnya.
Cianjur, Jawa Barat (ANTARA) - Sejumlah objek wisata air terjun di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, diminati pemudik dari luar kota dan diperkirakan jumlah pengunjung terus meningkat hingga Minggu (30/4)

Pemantauan di lokasi objek wisata air terjun atau Curug Cikondang di Kecamatan Campaka, Selasa, menunjukkan objek wisata air terjun sudah dipadati pengunjung sejak pagi hingga petang, didominasi pemudik dengan kendaraan roda empat bernomor polisi Jakarta, Bandung dan sekitarnya.

Sebagian besar pengunjung penasaran dengan keberadaan air terjun yang terkenal dengan sebutan Litle Niagara atau Niagara kecil, air terjun terkenal di Amerika Serikat. Meningkatnya angka kunjungan sudah terjadi sejak hari pertama Lebaran 2023.

Mereka yang berkunjung merasa puas mengunjungi Curug Cikondang yang memiliki pemandangan alam yang memanjakan mata, terlebih setelah bermain di bawah air terjun mereka dapat menikmati berbagai makanan tradisional khas Cianjur seperti nasi liwet tutug oncom.

Seorang pemudik asal Jakarta, Ramdani yang datang bersama keluarga menggunakan empat mobil pribadi, mengatakan memilih berlibur ke Cianjur sambil bersilaturahmi ke rumah sanak saudaranya di Kecamatan Cibeber, karena penasaran melihat Curug Cikondang hanya dari media sosial.

Baca juga: Polres Cianjur imbau pengendara hindari jalur Puncak

Baca juga: Objek wisata pantai selatan Cianjur dipadati ribuan pengunjung


"Sudah sampai di Cikondang, ter-bayarkan puasnya karena seperti di air terjun Niagara kecil. Kami akan merekomendasikan air terjun ini ke keluarga dan teman sekantor di Jakarta karena indah dan pemandangannya sangat menjanjikan serta memuaskan mata," katanya.

Ketua Porwadis Curug Cikondang, Sundara Saputra mengatakan angka kunjungan meningkat tajam dibandingkan hari pertama lebaran.

Sejak Selasa siang, jumlah pengunjung yang masuk ke Curug Cikondang sekitar 1.200 orang meningkat dibandingkan hari pertama lebaran sekitar 800 orang.

"Perkiraan kami sampai petang pengunjung yang datang bisa tembus di angka 1.500 orang lebih, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengujung kami menambah petugas di sejumlah titik terutama di bawah air terjun guna mengimbau wisatawan tidak berlama-lama terlebih ketika hujan turun," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur, Ahmad Danial mengatakan, pihaknya sudah memprediksi angka kunjungan wisatawan ke Cianjur pada Lebaran 2023 meningkat karena tidak ada pembatasan dari pemerintah.

Namun pihaknya sejak jauh hari sudah meminta pengelola tempat wisata untuk tetap mengimbau pengunjung menjaga protokol kesehatan guna menghindari hal yang tidak diinginkan. Pihaknya menargetkan angka kunjungan dapat mencapai 2 juta lebih sepanjang tahun 2023.

"Kami akan terus menggencarkan promosi langsung atau melalui media sosial terkait keberadaan objek wisata yang sangat menarik di Cianjur terlebih objek wisata air terjun yang banyak terdapat di Cianjur seperti yang sedang viral Curug Citambur, Curug Dadali dan Curug Ngebul," katanya.

Baca juga: Wisatawan padati objek wisata di kawasan Cianjur utara

Baca juga: Pemudik dapat menikmati obyek wisata di jalur mudik Cianjur

Baca juga: Pemkab Cianjur perbaiki jalan menuju objek wisata Curug Citambur

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023