Kondisi lalu lintas di jalur ke Ciwidey tersebut situasinya lebih lancar dari H+2 Lebaran pada 24 April 2023.
Bandung (ANTARA) - Lalu lintas di jalur wisata Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat terpantau kerap terhambat hingga terjadi kepadatan dan antrean kendaraan akibat beberapa faktor mulai dari pasar hingga stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

"Untuk kepadatan lalu lintas di kawasan Ciwidey ada beberapa hal seperti pasar yang ramai oleh parkir dan masyarakat, sehingga jalan menyempit. Kemudian persimpangan ke desa-desa sekitar, pintu masuk kawasan wisata, kuliner, dan penginapan. Kemudian tikungan tajam menanjak yang membuat jalan menyempit dan POM bensin/SPBU," kata Kaops Pospam Alun-alun Ciwidey AKP M Arpin Siregar, di Ciwidey, Selasa.

Namun demikian, menurut Arpin yang juga merupakan Wakapolsek Soreang itu, juga dipicu oleh meningkatnya volume kendaraan yang melalui jalur tersebut pada momen Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023 untuk berwisata sampai pulang mudik sambil wisata.

"Jadi kebanyakan yang berwisata, dan kemudian juga saya sempat bertanya pada beberapa pengemudi mereka mengaku pulang mudik ke Santolo Garut, ataupun ke Cidaun Cianjur mereka pulangnya lewat Ciwidey sambil berwisata sebelum beberapa hari kemudian masuk kerja," ujar Arpin.

Untuk mengatasi kepadatan yang terjadi, Arpin menjelaskan bahwa dirinya menempatkan personel gabungan yang ada Pospam Alun-alun Ciwidey di beberapa titik yang berpotensi menjadi titik kemacetan, untuk mengajak masyarakat tertib berlalu lintas sehingga walaupun padat bisa tetap melaju dan tidak ada gesekan.

"Di pospam ini setiap hari ada 21 personel yang berjaga, dan kami menyebar di beberapa titik kepadatan untuk mengajak masyarakat agar berdisiplin dalam berkendara, dan juga bersabar di jalan walau terjadi kepadatan, serta saling menghargai pengguna jalan agar tidak ada gesekan. Kemudian ikuti arahan petugas, namun Alhamdulillah sejauh ini masyarakat mengerti dan mengapresiasi kinerja para petugas," ujarnya pula.
Kaops Pospam Alun-alun Ciwidey AKP M Arpin Siregar (tengah) beserta petugas gabungan di depan Pospam Alun-alun Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/4/2023) petang. ANTARA/Ricky Prayoga


Meski pada H+3 Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023 ini jalur wisata Ciwidey terpantau padat di beberapa titik mulai dari Simpang Sadu Soreang, pertigaan Pasirjambu, wisata strawbery, hingga kawasan Kawah Putih, Cimanggu dan Walini, Arpin mengatakan bahwa kondisi lalu lintas di jalur tersebut situasinya lebih lancar dari H+2 Lebaran pada 24 April 2023.

"Hari ini kondisi lalu lintas lebih landai dibanding kemarin yang mungkin puncaknya. Untuk Ciwidey sendiri tidak melakukan buka tutup tapi penerjunan personel untuk mengurai kemacetan. Untuk skema buka tutup dilakukan Polresta Bandung di Simpang Sadu," katanya lagi.

Di Simpang Sadu, pihak kepolisian memang memberlakukan skema buka tutup jalan untuk mengurai kemacetan sehubungan lalu lintas di kawasan wisata Ciwidey, Kabupaten Bandung mengalami kepadatan.

Dalam skema buka tutup itu, arus lalu lintas dari arah Alun-alun Soreang dialihkan terlebih dahulu di Simpang Sadu ke kiri ke Jalan Lingkar Baru dan memutar di Jalan Terusan Al Fathu untuk kembali ke Simpang Sadu.

Di pertigaan Sadu tersebut, petugas menahan dan membuka kendaraan untuk mengarah ke Ciwidey, sementara dari arah Ciwidey, kendaraan ditahan di sekitar Jembatan Kereta Sadu.
Baca juga: Pramuka bantu korban tsunami Selat Sunda
Baca juga: Pramuka diminta lakukan gerakan "sapu bersih" perangkap satwa di hutan

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023