Para korban sempat dievakuasi ke ke Puskesmas Krueng Raya dan selanjutnya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin di Banda Aceh
Banda Aceh (ANTARA) - Empat orang meninggal dunia dan dua puluhan lainnya luka-luka dalam kecelakaan setelah truk yang mereka tumpangi masuk jurang di kawasan Lamreh, Krueng Raya, Kabupaten Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.
 
Kapolsek Krueng Raya Ipda Roly Yuiza Away yang dihubungi dari Banda Aceh, Selasa, mengatakan selain meninggal dunia, 25 orang lainnya mengalami luka-luka.
 
"Para korban sempat dievakuasi ke ke Puskesmas Krueng Raya dan selanjutnya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin di Banda Aceh," kata Kapolsek.
 
Kecelakaan terjadi Selasa (25/4) sekira pukul 12.00 WIB. Truk dikemudikan Ilham (32), membawa rombongan dari Gampong Balu Tanoh, Kecamatan Sakti, Kabupaten Pidie, menuju pantai wisata Pasir Putih di Gampong Lamreh, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.
 
Namun, setiba di jalan menurun di kawasan Lamreh, Krueng Raya, truk tidak bisa dikendalikan dan menabrak pembatas jalan, sehingga masuk ke jurang dengan kedalaman sekitar delapan meter.
 
Roly Yuiza mengatakan pihaknya belum dapat memastikan penyebab kecelakaan tersebut. Pihak Satuan Lalu Lintas Polresta Banda Aceh sudah ke lokasi menyelidiki kecelakaan yang merenggut empat jiwa tersebut.
 
"Penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan Satlantas Polresta Banda Aceh. Jadi, belum bisa disimpulkan apakah karena kelalaian manusia atau rem blong. Dari hasil penyelidikan nanti baru bisa diketahui penyebab kecelakaan," kata dia.
 
Sementara itu, Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto mengatakan pemerintah daerah mengerahkan tim gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan ikut membantu mengevakuasi semua korban truk terguling dan masuk jurang tersebut.
 
"Setelah menerima informasi, petugas BPBD Aceh Besar bersama TNI, Polri, dan tim SAR langsung mengevakuasi para korban truk masuk jurang di kawasan Lamreh, Krueng Raya," katanya.
 
Muhammad Iswanto mengatakan semua korban, baik yang meninggal dunia maupun luka-luka dievakuasi ke Puskemas Krueng Raya. Selanjutnya, dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh.
 
"Kami juga berkoordinasi dengan Pj Bupati Pidie Wahyudi karena semua korban berasal dari daerah tersebut. Kami juga sudah melaporkan insiden tersebut kepada Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu evakuasi korban," kata Muhammad Iswanto.

Baca juga: Polres sebut tiga meninggal dunia dalam kecelakaan di Aceh Besar
Baca juga: Polda Aceh sebut empat orang terluka dalam kecelakaan di Aceh Besar
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023