Rekayasa lalu lintas berupa "one way" sepenggal juga dilakukan di ruas Jalan Nagreg, Bandung, Limbangan, dan Cihuni, Kabupaten Garut
Bandung (ANTARA) -
Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Barat (Jabar) telah menyiapkan rekayasa lalu lintas arus balik Lebaran (Idul Fitri) 1444 Hijriah/2023 di wilayah Jabar  untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan saat momentum arus balik Lebaran.
 
"Dalam mengantisipasi lonjakan volume lalu lintas, dilaksanakan beberapa skema rekayasa lalu lintas, seperti yang dilakukan di daerah Puncak-Gadog, diterapkan skema buka tutup situasional," kata Kepala Dishub Jabar, A Koswara Hanafi, ketika dihubungi di Bandung, Selasa.
 
Rekayasa lalu lintas berupa "one way" sepenggal, kata dia, juga dilakukan di ruas Jalan Nagreg, Bandung, Limbangan, dan Cihuni, Kabupaten Garut
 
"Rekayasa lalu lintas ini dilakukan ketika kendaraan dari arah Bandung atau ke Bandung volume lalu lintasnya tidak seimbang. Upaya ini dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas," katanya.

Pihaknya juga berpesan kepada warga yang akan kembali ke tempat tinggalnya usai melaksanakan mudik di kampung halaman agar tetap berhati-hati saat di perjalanan.
 
"Kepada seluruh masyarakat pengguna jalan diharapkan untuk bersabar dan tetap mengutamakan keselamatan berkendara," katanya.
 
Ia mengatakan volume kendaraan arus balik masih belum mengalami peningkatan yang signifikan, beberapa jalur di Jabar masih terpantau ramai lancar.
 
Dia menuturkan tim pemantau sudah mengecek beberapa titik jalur arus balik di Jabar, namun peningkatan masih belum signifikan.
 
"Jadi berdasarkan data hasil pemantauan cacah arus di 13 titik pengamatan di seluruh Jawa Barat, memang terjadi kecenderungan peningkatan volume lalu lintas di mulai sejak kemarin tanggal 23 April 2023, namun tidak cukup signifikan," demikian A Koswara Hanafi.

Baca juga: Polda Jabar prediksi puncak arus balik terjadi pada H+2 ini

Baca juga: Arus balik di jalur nasional lintas Gentong Tasikmalaya padat

Baca juga: Antisipasi puncak arus balik, Jabar tunda jadwal masuk sekolah

Baca juga: Polda Jabar imbau warga pakai jalur arteri hindari one way arus balik

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023