meningkatkan jumlah personel gabungan di lintas Sulawesi yang rawan macet
Gorontalo (ANTARA) - Kapolres Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, AKBP Andik Gunawan, menyebut, arus balik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 di lintas Sulawesi wilayah setempat, ramai lancar.

"Saat ini arus balik mulai ramai melintasi jalur Sulawesi di wilayah ini. Khususnya sepanjang ibu kota kabupaten hingga wilayah timur yang akan melewati perbatasan di Kecamatan Atinggola berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Utara," kata Kapolres Andik, di Gorontalo, Selasa.

Ia mengatakan, secara umum situasi arus balik lalu lintas dari dan ke Gorontalo di wilayah itu, cukup terkendali dan lancar.

Pihaknya menempatkan personel di pos pengamanan perbatasan baik di Kecamatan Atinggola maupun wilayah barat Kecamatan Tolinggula berbatasan dengan Sulawesi Tengah. Juga pos pelayanan di Puncak Pontolo Kecamatan Kwandang berbatasan dengan Kabupaten Gorontalo.

Baca juga: Arus balik Trans Sulawesi Sulbar mulai padat
Baca juga: Arus balik masih sepi di jalur trans Sulawesi Majene

Polisi juga melakukan patroli keamanan bergerak, untuk mendukung kelancaran lalu lintas arus balik di seluruh lintas Sulawesi jalur utama yang ada di daerah ini.

"Kita cek seluruh titik yang potensial mengalami kemacetan. Meskipun saya yakin, lintas Sulawesi jarang diwarnai kemacetan selain di depan SPBU Pontolo, mengingat jalur tersebut cukup sempit. Termasuk jalur Puncak Pontolo karena sering dilalui kendaraan berbadan besar. Selebihnya kita harapkan tetap kondusif, aman lancar," katanya.

Pihaknya memperkirakan, kepadatan arus balik akan terjadi pada akhir pekan nanti atau hari Sabtu bertepatan dengan perayaan lebaran ketupat pada H+7.

"Kita segera mengantisipasi dengan meningkatkan jumlah personel gabungan di lintas Sulawesi yang rawan macet, seperti di jalur Atinggola menuju lokasi wisata Pantai Minanga Desa Kota Jin Utara," kata Kapolres Andik pula.

Ia mengimbau masyarakat untuk tetap menaati rambu rambu lalu lintas, memanfaatkan lintas Sulawesi dengan baik. Berhati-hati dalam berkendara serta mengenakan alat keselamatan diri.

Baca juga: Menko PMK tinjau arus balik di Pelabuhan Bakauheni Lampung
Baca juga: Arus balik Purworejo-Kebumen Jateng ramai lancar
 

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023