Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III, Indra, memuji KPK yang disebutnya berhasil mengungkap dan menahan para koruptor kelas kakap selama tahun 2012.

Indra menunjuk penahanan politisi parpol penguasa, pengeledahan Korlantas Polri dan penahanan jenderal aktif, pentersangkaan seorang menteri, dan meningkatkan status kasus Bank Century ke tingkat penyidikan dengan menetapkan dua mantan deputi gubernur BI sebagai tersangka.

"Peningkatan kinerja KPK dalam hal kualitas penindakan cukup signifikan terasa. Hal itu patut diapresiasi," kata Indra di Jakarta, Jumat.

Dia menilai KPK tak terpengaruh oleh berbagai tantangan dan hambatan menghadang.

"KPK tetap menunjukan profesionalisme dan progresifitasnya dalam memberantasan korupsi. Penarikan penyidik KPK dengan jumlah yang cukup banyak oleh Polri dalam beberapa momen tidak membuat KPK surut dan tetap mampu menunjukan progresifitasnya dalam penanganan kasus," kata politisi Partai Keadilan Sejahtera itu.

Dia menilai KPK mendapat dukungan luas dari publik yang disebutnya harus dijawab KPK  dengan meningkatkan kerja-kerja cerdas dan profesionalismenya.

"Tahun 2013 nanti tantangan KPK akan semakin berat. Melihat berbagai kasus besar yang masih berproses ditahap penyelidikan dan penyidikan. Apabila KPK mampu mempertahankan konsisitensinya, maka tahun 2013 nanti KPK akan panen tangkapan koruptor kakap," kata Indra.
(Zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2012