Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Bernad Dermawan Sutrisno menyampaikan jajaran sekretariat KPU dari pusat hingga daerah tidak melaksanakan halalbihalal hingga pekan depan.

"Jajaran Sekretariat KPU dari pusat sampai dengan kabupaten/kota tidak melaksanakan apel dan halalbihalal sampai pekan depan," ujar Bernad saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Rabu.

Hal tersebut, lanjut dia, sesuai dengan arahan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) ad interim yang disampaikan di Jakarta, Senin (24/4).

Berikutnya, Bernad juga menyampaikan terkait dengan kehadiran jajaran Sekretariat KPU di Kantor KPU, baik di tingkat pusat maupun daerah usai libur Lebaran 2023, setiap sekretaris KPU memantau para jajarannya agar dukungan terhadap penyelenggaraan Pemilu 2024 tetap berjalan sesuai dengan jadwal tahapan yang ada.

"Terkait dengan kehadiran di kantor, masing-masing sekretaris KPU selaku kepala satuan kerja mengendalikan pegawai dengan memperhatikan dukungan tahapan pemilu tetap berjalan sesuai dengan jadwal tahapan," ujar dia.

Sebelumnya, Mahfud selaku Menteri PAN-RB ad interim menginstruksikan seluruh kantor pemerintah menunda pelaksanaan halalbihalal Idulfitri 1444 Hijriah atau 2023 Masehi.

Mahfud menginstruksikan agar kantor pemerintah baru mulai melakukan kegiatan halalbihalal dan sejenisnya pada pekan kedua setelah Idulfitri.

"Semua kantor pemerintah, yakni kantor kementerian/lembaga non-kementerian/BUMN/TNI/Polri, jika merencanakan halalbihalal dan semacamnya supaya ditunda sampai awal pekan kedua setelah Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah," kata dia.

Mahfud secara spesifik menyebut bahwa pekan pertama setelah Idulfitri yakni 24 sampai dengan 30 April 2023 dan selama periode tersebut kantor pemerintah diinstruksikan tidak menggelar kegiatan halalbihalal dan sejenisnya.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023