Dengan ditandatanganinya MOU pekan ini, Merpati akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa baru YPT sebagai `Mahasiswa Ikatan Dinas` yang ketika lulus nanti akan diserap sebagai calon karyawan Merpati,"
Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan penerbangan milik negara, PT Merpati Nusantara Airlines (Merpati) siap memberikan beasiswa ikatan dinas kepada mahasiswa terbaik dari Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) yang ingin magang sekaligus berkarir di Merpati.

"Dengan ditandatanganinya MOU pekan ini, Merpati akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa baru YPT sebagai `Mahasiswa Ikatan Dinas` yang ketika lulus nanti akan diserap sebagai calon karyawan Merpati," kata Sekretaris Perusahaan (Sekper) Merpati Herry Saptanto dalam siaran pers di Jakarta, Jumat.

Kemudian, kata Herry, untuk Merpati sendiri, YPT akan menyertakan karyawan Merpati sebagai mahasiswa pada Program Magister di Institut Manajemen Telkom dan Institut Teknologi Telkom.

Nota kesepahaman (MOU) itu sendiri telah ditandatangani Direktur Utama Merpati Rudy Setyopurnomo dan Ketua YPT Johny Girsang pada Kamis (27/12).

Lebih lanjut Herry menjelaskan, pada kerjasama yang berlangsung selama tiga tahun dan dievaluasi per periode tersebut, Merpati akan menerima Mahasiswa YPT untuk melaksanakan kerja praktek dan kerja industri di Merpati dan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan sarjananya, Merpati akan menyerapnya sebagai karyawan.

Penyerapan sarjana lulusan pendidikan Telkom tersebut dengan melewati prosedur tes penerimaan karyawan yang berlaku di Merpati sehingga tidak terjadi praktek KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme)

"Kerjasama yang telah disepakati, tidak hanya di bidang pendidikan, Merpati dan YPT juga akan bekerjasama untuk melakukan pemasaran bersama, serta pengabdian kepada masayarakat Indonesia," kata Herry.

Herry juga berharap kerjasama yang saling menguntungkan antara Merpati dengan YPT, akan diikuti lenbaga pendidikan lain di Indonesia sehingga peran Merpati dalam memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia semakin terealisasi.

Selain itu, tambahnya, terjadi alih teknologi dari industri kepada dunia perguruan tinggi yang akan menjadikan para lulusannya semakin berkualitas dan professional.

Kerjasama BJB

Herry juga menjelaskan kerjasama yang telah direalisasikan antara pihak Merpati dengan Bank Jabar Banten (BJB) antara lain adalah setiap nasabah BJB mendapatkan penawaran istimewa dari Merpati jika memesan tiket penerbangan pesawat Merpati di akhir 2012 hingga awal 2013.

Penawaran istimewa tersebut, yakni berupa gratis satu tiket pesawat Merpati untuk penerbangan yang sama. Tiket gratis tersebut akan diperoleh, jika nasabah BJB memesan satu tiket pesawat Merpati yang dibayarkan dengan kartu debit BJB atau melalui Automatic Teller Machine (ATM) BJB.

"Program beli satu gratis satu tiket, atau yang dikenal dengan buy one get one free, berlaku untuk nasabah BJB yang memesan tiket pesawat Merpati dari tanggal 12 Desember 2012 hingga 16 Januari 2013 untuk penerbangan Merpati dari tanggal 1 Februari hingga 30 April 2013," katanya.

Tiket gratis yang diberikan hanya berlaku untuk rute dan waktu penerbangan yang sama dengan tiket yang dipesan.

"Program promo bersama BJB ini dilakukan Merpati untuk memperluas pasar dan saluran distribusi," katanya.

Herry menambahkan, ada sekitar 24 rute penerbangan pesawat Merpati yang disentuh oleh kerjasama Merpati dengan BJB. Rute tersebut antara lain, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Makasar, Jakarta-Denpasar, Bandung-Lampung, Bandung-Palembang, Bandung-Semarang, Bandung-Jogjakarta, Bandung-Surabaya, Bandung-Denpasar, Denpassar-Kupang, Denpasar-Lombok, dan Denpasar-Labuan Bajo, serta rute kebalikan dari rute-rute tersebut.

Sedangkan, harga tiket yang berlaku untuk program promo dengan BJB, adalah harga tiket untuk penerbangan normal.

"Layanan ini kami berikan untuk meningkatkan pelayanan Merpati kepada penumpang, khususnya nasabah BJB," katanya.

Namun, yang perlu diingat oleh nasabah BJB agar bisa mendapatkan tiket gratis dari Merpati, nasabah pemilik kartu debit/ATM harus ikut terbang sebagai penumpang yang melakukan perjalanan, demikian Herry.

(E008/B012)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012