Palu (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Palu, Provinsi Sulawesi Tengah membuka posko kesehatan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pemilir (pemudik arus balik) pengguna jasa transportasi laut di area Pelabuhan Pantoloan, Kota Palu.
 
"Kami bersama pihak Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), sekuriti pelabuhan dan Jasa Raharja membuka posko kesehatan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," kata Kepala KSOP Mursidi di Palu, Rabu.
 
Mursidi mengatakan, pemilir atau penumpang jasa transportasi laut sebaiknya memastikan kondisi kesehatan baik untuk melakukan perjalanan jauh.
 
Menurut dia, penumpang juga dianjurkan untuk memeriksakan kesehatan di posko kesehatan apabila merasa tidak dalam kondisi baik guna kelancaran arus balik Lebaran 2023.
 
Ia juga mengimbau kepada penumpang yang membawa anak-anak untuk terus waspada dan memperhatikan keselamatan.
 
"Kami imbau kepada penumpang untuk selalu hati-hati dan terus waspada. Jangan percaya dengan calo - calo yang mungkin ada," katanya.
 
Mursidi mengemukakan, pihak KSOP juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk menyiagakan armada transportasi darat untuk mengangkut penumpang tiba ke daerah tujuan masing-masing.
 
Ia menambahkan, pengamanan ketat dilakukan untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2023 ini.
 
"Pengamanan akan dilakukan dengan menyambut para pemudik dimulai dari dermaga saat kedatangan kapal hingga ke terminal penumpang yang akan mengantarkan pemudik ke tujuan masing-masing," ujarnya.

Sebelumnya, Mursidi memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 5 dan 6 Mei 2023.

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023