Belitung (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, MZ Hendra Caya tidak menemukan adanya Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerah itu yang bolos pada pertama masuk kerja usai libur dan cuti Lebaran 2023.

"Tidak ada yang alfa, semua sudah 'stand by' paling ada yang cuti tapi tidak banyak juga," katanya di Tanjung Pandan, Rabu.

Sekda menyampaikan ini usai melaksanakan inspeksi mendadak kehadiran ASN pada abdi pertama di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

Menurut dia, melalui sidak tersebut tingkat kehadiran ASN pada hari pertama masuk kerja usai libur dan cuti Lebaran 2023 sudah cukup baik.

Dirinya memastikan seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung telah kembali masuk kerja usai libur dan cuti bersama 2023.

"Sehingga pelayanan bagi masyarakat kembali normal seperti hari-hari sebelumnya," ujar Hendra.

Dikatakan dia, meskipun dalam sidak tersebut masih ditemukan ASN yang belum kembali bekerja karena sedang mengambil cuti.

Menurutnya, setelah libur bersama lebaran ASN di lingkungan pemerintah setempat memang diperbolehkan mengambil cuti tahunan.

Namun bagi ASN yang tidak mengambil cuti tahunan mereka dijadwalkan kembali masuk kerja pada hari ini.

"Sehingga kami menilai tingkat kehadiran dan kedisiplinan ASN di Kabupaten Belitung sudah cukup bagus," katanya.

Selain melaksanakan kegiatan sidak pihaknya juga melakukan silaturahmi dengan ASN pada hari pertama masuk kerja usai libur dan cuti Lebaran 2023.

"Kami juga tidak bersilahturahmi dan berlebaran bersama ASN," ujarnya.

Ia berpesan, kepada ASN di Kabupaten Belitung setelah libur lebaran agar dapat bekerja lebih semangat dalam melayani masyarakat.

"Jadi habis lebaran masuk lagi dan harus semangat terus melayani masyarakat," katanya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023