Selain zikir akbar, juga memberikan santunan 1.000 anak yatim dan sebagai puncak kegiatan akan digelar malam pesta rakyat dan pesta kembang api,"
Medan (ANTARA News) - Pemkot Medan menggelar pesta rakyat dan serangkaian kegiatan sosial dalam menyambut Tahun Baru 2013.

"Selain zikir akbar, juga memberikan santunan 1.000 anak yatim dan sebagai puncak kegiatan akan digelar malam pesta rakyat dan pesta kembang api," kata Wali Kota Medan Rahudman Harahap kepada wartawan, Jumat.

Menurut dia, pesta rakyat menanti detik-detik pergantian tahun 2012-2013 akan dimeriahkan berbagai hiburan dengan menampilkan Dynamic Band, Medical Band, tarian multi etnis, Gordang Sembilan, Tari Gale-Gale, Lawak Jamal Cs, Huber's Trio, Rames KDI-3, marching band dan tarian daerah sampai penampilan artis Trio Macan dan ditutup pesta kembang api.

"Seluruh rangkaian kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Benteng Medan, mulai Senin pagi (31/12)," katanya.

Untuk zikir, doa dan tausiah, jelas Wali Kota, akan diikuti lebih dari 1.000 peserta yang dimulai pukul 08.30 sampai 12.00 WIB. Setelah itu pukul 14.00-15.00 WIB dilanjutkan dengan santunan 1.000 anak yatim dari berbagai agama yang berasal dari 10 panti asuhan di Kota Medan.

"Selain anak yatim, kita juga memberikan paket santunan kepada 10 panti asuhan. Ini kita lakukan sebagai ungkapan rasa syukur, sebab Kota Medan sampai kini tetap aman dan kondusif serta terhindar dari berbagai macam bencana," katanya.

Di samping itu selama 2012 jelasnya, Medan mendapatkan sejumlah penghargaan baik nasional maupun internasional. "Semoga di 2013, kita meraih hasil lebih baik lagi, katanya.

Guna menyemarakkan rangkaian acara yang digelar tersebut, Wali Kota mengajak seluruh warga Kota Medan untuk hadir. Diharapkannya melalui acara yang digelar ini semakin meningkatkan tali siltarurahmi dan kebersamaan antara Pemkot Medan dengan seluruh lapisan masyarakat.

Saat digelarnya pesta rakyat, sejumlah ruas jalan di seputar kawasan Lapangan Benteng akan ditutup. Kondisi tersebut diperkirakan akan menimbulkan kemacetan di berbagai kawasan.

"Selama kegiatan sejumlah ruas jalan akan ditutup sehingga akan mengganggu kelancaran arus lalu-lintas di sekitar kawasan Lapangan benteng. Atas kemacetan yang terjadi, saya minta maaf," kata Rahudman.

Dia juga menjelaskan, seluruh biaya yang digunakan untuk menggelar rangkaian kegiatan tersebut termasuk mendatangkan artis ibu kota maupun pesta kembang api tidak ada menggunakan dana dari APBD Kota Medan. "Seluruh dana murni berasal dari sumbangan pihak ketiga maupun para stakeholder," katanya.

(ANT-019/S023)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2012