Kapuas Hulu (ANTARA) - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan waktu libur mengunjungi sejumlah obyek wisata yang ada di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

"Bagi masyarakat yang ingin mengisi waktu libur dan rekreasi jangan terburu-buru libur keluar daerah, di daerah kita sendiri banyak obyek wisata yang mungkin tidak dimiliki daerah lain," kata Fransiskus Diaan, di Putussibau Kapuas Hulu, Rabu.

Disampaikan Fransiskus, Kabupaten Kapuas Hulu banyak potensi wisata yang bisa dikunjungi mengisi liburan seperti Arung Jeram Desa Rantau Kalis yang ada di Kecamatan Kalis.

Kemudian ada wisata alam Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum dan di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia ada wisata Bukit Semugang yang berada di Kecamatan Badau.

Menurutnya, dengan mengoptimalkan obyek wisata dan daya tarik wisata untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Manfaatkan juga media sosial untuk mempromosikan potensi wisata kita di Kapuas Hulu, bisa melalui instagram, Facebook dan media sosial lainnya," ajak Fransiskus.

Selain itu, Fransiskus juga mengingatkan masyarakat yang berkunjung di obyek wisata untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Kebersihan sangat penting kita jaga, termasuk juga keamanan dan kenyamanan pengunjung," katanya.

Kepada masyarakat di sekitar objek wisata dan pengelolaan tempat wisata Fransiskus berpesan agar tidak memanfaatkan pengunjung dengan tarif yang berlebihan.

"Bagi pengelolaan tempat wisata jangan aji mumpung, tarif yang standar saja, agar pengunjung atau wisatawan tidak jerak berkunjung," pesan Fransiskus.

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023