Jakarta (ANTARA) - Penumpang kereta api jarak jauh, Sulur (40 tahun) mengungkapkan perjalanannya dari arus mudik dan arus balik menggunakan kereta api baik dan  memuaskan pada Lebaran tahun ini.

"Alhamdulilah selama pulang pergi kereta api fasilitasnya baik semua. Kemarin saya berangkat dari stasiun Gambir dapat fasilitasnya juga enak. Kemarin dari Kebumen naik kereta Sawunggaling juga enak," kata Sulur, Rabu kepada pewarta di stasiun Pasar Senen.

Pria asal Kebumen itu mengungkapkan bahwa dirinya sempat membeli tiket kereta di waktu yang mepet dengan Lebaran Idul Fitri namun masih memperoleh tiket.

"Kemarin belinya mepet tapi alhamdulillah dapat semua," kata Sulur.

Baca juga: Vaksin COVID-19 masih jadi syarat perjalanan kereta api jarak jauh

Baca juga: Pada H+3 Lebaran stasiun Pasar Senen masih dipadati pemudik


Senada dengan Sulur, Imam (35 tahun) yang mudik ke Garut bersama istri dan anaknya yang masih balita mengatakan bahwa pelayanan yang diperoleh dari jasa kereta api selama arus mudik dan arus balik di tahun ini cukup nyaman.

"Kalau saya kan naik kereta ya, dari Jakarta ke Garut terus kembali ke sini lagi alhamdulillah lancar.
Saat ini bagus sih gak ada masukan apa-apa. Cukup nyaman," kata Imam.

Saat ini, KAI Daop 1 Jakarta memberikan tarif rendah untuk seluruh keberangkatan kereta api jarak jauh (KAJJ) ke berbagai tujuan. Tarif rendah tersebut berlaku untuk kelas ekonomi hingga kelas eksekutif dengan besaran tarif terendah untuk kelas ekonomi mulai dari 150.000, eksekutif 330.000 dan bisnis 280.000.

"Program ini berlaku hanya untuk keberangkatan sampai tanggal 3 Mei, jadi masih ada ketersediaan tempat duduk, tapi tingkat pemesannya cukup cepat, sehingga jangan sampai kehabisan. Bisa langsung lakukan pemesanan atau melihat di aplikasi KAI Access," kata Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa kepada pewarta, Rabu.

Di stasiun Pasar Senen terdapat 16.400 penumpang datang atau pemilir (pemudik kembali ke hilir) pada Rabu. Jumlah tersebut mulai mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan hari kemarin yang mencapai 16.200 penumpang kedatangan.

Baca juga: KAI: Arus balik di Stasiun Pasar Senen-Gambir rata-rata capai 40.000

Baca juga: Daop 8 Surabaya catat 37 ribu orang gunakan KA saat libur Lebaran


Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023