jumlah penumpang yang sudah terangkut sebanyak 3.673 orang.
Baubau (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat jumlah penumpang arus balik hingga H+4 Lebaran 1444 Hijriah yang berangkat dari Pelabuhan Murhum, Baubau mencapai 3.673 penumpang.

Kepala PT Pelni Cabang Baubau Dicky Dermawandi, di Baubau, Rabu, mengatakan jumlah penumpang arus balik dari 22 hingga 26 April 2023 itu tersebar di enam unit kapal, yakni KM Labobar sebanyak 220 penumpang, KM Sinabung 295 penumpang, KM Sirimau 194 orang, KM Ciremai 1.400 orang, dan KM Doro Londa sebanyak 1.372 penumpang.

"Dari data kami untuk arus balik ini jumlah penumpang yang sudah terangkut sebanyak 3.673 orang dengan tujuan ke barat dan ke timur seperti ke Makassar dan seterusnya sampai Jakarta dan sampai Papua," ujarnya.

Menurut dia, angkutan penumpang arus balik itu sudah ada peningkatan terlihat pada kapal KM Ciremai yang memuat sebanyak 1.400 penumpang dan KM Doro Londa mencapai 1.372 orang berangkat meninggalkan Pelabuhan Murhum pada 25 April 2023.

"Jadi memang kemarin sudah mulai ada peningkatan itu, dan kami kira progresnya masih akan ada peningkatan dan akan menyebar di setiap keberangkatan kapal," katanya lagi.

Menurut Dicky, penumpang mudik Lebaran yang tiba di Pelabuhan Baubau dengan menumpangi kapal Pelni kurang lebih 18 ribu orang akan kembali lagi ke daerah asal dan akan menyebar di setiap keberangkatan kapal berikutnya lagi.

"Karena kan setiap (penumpang) yang berangkat untuk arus balik cenderung tidak bersamaan, seperti tadi malam yang kami pantau kebanyakan ASN dan mahasiswa yang memang mulai masuk kerja dan kuliah pada 26 April sehingga mungkin lebih awal, dan untuk yang swasta-swasta yang tersebar mungkin akan berangkat pada hari-hari berikutnya," katanya pula.

Prediksi arus mudik akan lebih meningkat dari tahun sebelumnya, menurut dia, karena perjalanan mudik pada tahun ini terbilang sudah semakin longgar tak ada lagi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) karena COVID-19. Namun imbauan untuk memperhatikan protokol kesehatan masyarakat tetap dilakukan.

"Saya kira tetap ada peningkatan, karena kan kita harus lihat dari arus mudik kemarin yang turun di Baubau ada kurang lebih 18 ribu orang, jadi yang turun itu secara bertahap akan kembali lagi ke tempat asalnya masing-masing," katanya lagi.

Ia juga menambahkan bahwa jumlah kapal Pelni yang masuk ke Pelabuhan Murhum, Baubau sebanyak 11 unit kapal dengan rute melayani daerah-daerah di Nusantara.

Ke-11 kapal Pelni itu, yakni KM Tidar, KM Sirimau, KM Dobonsolo, KM Ciremai, KM Dorolonda, KM Sinabung, KM Lambelu, KM Leuser, KM Tilongkabila, KM Nggapulu, dan KM Labobar.

Pada angkutan balik Lebaran Idul Fitri ini juga, Dicky mengimbau kepada seluruh calon penumpang yang akan bepergian agar membeli tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan supaya kebagian kursi. Kalau pun juga memang sudah penuh agar membeli tiket keberangkatan pada kapal selanjutnya.

"Kemudian juga kami imbau agar membeli tiket di chanel-chanel Pelni yang resmi baik secara online maupun offline, sehingga mendapatkan tiket yang resmi, juga tidak bersentuhan dengan orang-orang yang tidak bertanggungjawab karena akan merugikan pada diri sendiri nantinya," ujarnya lagi.
Baca juga: 2.831 pemudik tiba tengah malam di Pelabuhan Baubau
Baca juga: Kapal sandar, arus lalu lintas depan Rujab Wali Kota Baubau macet

Pewarta: Hernawan Wahyudono dan Yusran
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023