Tangerang (ANTARA) - Puncak arus balik mudik lebaran Idul Fitri 2023 di Terminal Poris Kota Tangerang Banten diprediksi akan terjadi pada tanggal 28 - 29 April 2023 hingga akhir pekan menjelang normalnya aktifitas masyarakat lagi.

Kepala Terminal Poris Plawad Kota Tangerang, Alwin Athena di Tangerang Rabu menuturkan prediksi ini bersamaan dengan kembalinya masyarakat yang ikut dalam program mudik gratis Kemenhub beberapa waktu lalu.

Namun demikian, pihaknya tak bisa memastikan jika penumpang akan turun secara bersamaan di Terminal Poris Plawad. Pasalnya ada beberapa yang turun di sejumlah halte dekat rumah.

“Jadi ada toleransi untuk masyarakat yang jika pulang itu turunnya di jalan. Karena, akses menuju rumah mereka itu lebih dekat dibanding bila turun di terminal,” kata Alwin.

Sementara itu pantauan di Terminal Poris Plawad saat ini belum ada penumpukan penumpang. Sebab penumpang ada juga yang tidak turun secara bersamaan di terminal.

Namun ada juga pemudik yang sudah melakukan pemesanan tiket untuk ke luar kota melalui terminal poris plawad. Lalu ada juga yang beberapa baru tiba dari daerah.

Pada tanggal 19 April 2023 lalu, menuturkan ada 78 bus yang berangkat membawa 3.048 pemudik gratis program Kemenhub. Seluruh pemudik telah terdaftar dalam program mudik gratis yang dibuka Kemenhub sebelumnya.

Direktur Angkutan Darat Kemenhub yakni Suharto mengatakan program mudik gratis yang disediakan oleh pemerintah merupakan salah satu cara untuk menekan angka kecelakaan.

”Mudik gratis ini juga salah satu cara kita untuk menekan angka kecelakaan dan sekaligus meningkatkan keselamatan serta kelancaran transportasi pada momen lebaran,” kata Suharto di Terminal Poris Plawad

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023