Jakarta (ANTARA) — Sakit punggung menjadi keluhan yang sering dialami banyak orang. Penyebabnya pun cukup beragam, seperti kurang aktivitas fisik dan postur duduk yang buruk. Jika tidak diobati, rasa nyeri dan pegalnya bisa semakin parah.
Tenang saja, Anda bisa mengikuti beberapa cara mengatasi sakit punggung berikut ini.

1.Rutin olahraga
Punggung bagian bawah berfungsi untuk menopang seluruh tubuh bagian atas dengan memanfaatkan kerja otot. Namun, jika otot tegang karena jarang digunakan, punggung akan terasa nyeri. Untuk mengatasinya, Anda bisa lakukan peregangan otot setiap hari.

2.Ubah posisi tidur
Tidur dalam posisi telentang akan memberikan tekanan lebih pada tulang belakang. Jadi, ubahlah posisi tidur dengan cara mengangkat sedikit bagian lutut dan gunakan bantal penyangga di paling bawah.

3.Perhatikan postur tubuh saat mengangkat barang
Jika mengangkat barang dengan postur tubuh yang salah, bisa-bisa otot bagian belakang mengalami kejang dan nyeri. Tipsnya adalah gunakan otot kaki dalam menopang beban tubuh saat mengangkat barang. Kalau terlalu berat, sebaiknya Anda meminta bantuan orang lain.

4.Duduk dengan posisi yang tepat
Posisi duduk yang salah juga bisa membebani tulang belakang, otot, dan persendian. Jadi, hindari duduk dengan punggung membungkuk atau terlalu tegak.

Pastikan Anda memakai kursi kantor ergonomis saat bekerja. Selain itu, sesuaikan ketinggian meja dengan kursi agar kamu bisa duduk dengan lebih nyaman.
Anda dapat membeli berbagai perlengkapan kerja, dari kursi staff, meja kantor, kursi direktur, meja meeting atau meja rapat, sampai loker hanya di situs ruparupa. 

Di sini, Anda juga bisa menemukan perlengkapan rumah tangga dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, INFORMA Electronics, INFORMA Sleep, Pendopo, Toys Kingdom, ATARU, Krisbow, Pet Kingdom, SELMA, Susen, Chatime, Ashley, EYE SOUL, dan masih banyak lagi. 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023