Pemudik yang hendak kembali ke wilayah perantauan dari kampung halamannya untuk dapat merencanakan jadwal kepulangannya kembali
Solo (ANTARA) - Polres Kota Surakarta telah menyiapkan satuan tugas khusus Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) untuk mengantisipasi arus balik Lebaran 2023 gelombang dua di Solo, Jawa Tengah, pada tanggal 27 hingga 29 April 2023.

Wakil Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Surakarta Kompol Sutoyo di Solo, Kamis, mengatakan, Polresta Surakarta telah menyiapkan personil terutama Satgas Kamseltibcarlantas yang selalu memantau arus lalu lintas di beberapa pospam di Kota Surakarta, untuk antisipasi arus balik gelombang kedua.

Menurut Sutoyo untuk dominasi kendaraan yang datang ke Kota Surakarta yakni kendaraan pribadi. Karena, angkutan pemudik sudah dikoordinasi turun di terminal sehingga tidak ada permasalahan terkait angkutan pemudik.

Baca juga: Arus kendaraan di Tol Solo-Yogya padat namun lancar jelang Lebaran ini

"Sedangkan, lahan parkir untuk tempat wisata seperti di Masjid Sheikh Zayed Solo, kami siapkan beberapa kantong parkir ada di jembatan selatan Jalan D.I. Panjaitan yang menampung kendaraan roda empat sekitar 40 hingga 60 kendaraan," katanya.

Menurut dia, untuk kendaraan bus sudah dilakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Surakarta. Para wisatawan yang menggunakan bus, diarahkan di terminal dan dari terminal sudah disiapkan bus untuk mengantarkan wisatawan menuju ke Masjid Sheikh Zayed.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan parkir di Jalan Kolonel Sugiono Nusukan, namun yang bisa digunakan hanya lajur kanan karena di sana digunakan untuk jalan dari Cengklik menuju Kadipiro.

Dia mengatakan pihaknya juga menyiapkan di Jalan Tentara Pelajar, yang digunakan hanya lajur sebelah kiri apabila tidak cukup, maka petugas menyiapkan parkir di Jalan Ahmad Yani yakni atau di bekas pasar mebel Gilingan.

"Kalau tempat wisata di Solo Safari sudah kami lakukan pantauan bahwa di sana sudah cukup untuk lokasi parkirnya, karena ada jembatan yang masih dibangun sehingga Jalan Ir. Sutami Kentingan masih bisa digunakan untuk lokasi parkir apabila masih kurang cukup sudah disiapkan di Jalan Ir. Juanda tepatnya di bawah jembatan Jurug," katanya.

Sementara itu, Pemerintah sudah mengimbau warga yang hendak kembali ke perantauan saat arus balik Lebaran 2023 apabila tidak mendesak agar bisa menunda kembalinya untuk menghindari kemacetan.

Menanggapi kebijakan Pemerintah tersebut, Kepala Polresta Surakarta Kombes Pol. Iwan Saktiadi mengimbau warga Solo untuk merencanakan kembali jadwal balik ke perantauan agar terhindar macet.

"Pemudik yang hendak kembali ke wilayah perantauan dari kampung halamannya untuk dapat merencanakan jadwal kepulangannya kembali. Jangan sampai berangkat di saat terjadi kepadatan sehingga perjalanan kembali dari kampung halaman dapat berjalan dengan lancar lancar," kata Kapolres.

Dia menyampaikan karena masih padatnya arus lalu lintas di dalam Kota Surakarta khususnya wilayah Masjid Sheikh Zayed Gilingan Solo, pihaknya imbau bagi pengguna jalan yang hendak menuju ke Sragen dan Karanganyar melintas di Jalan S. Parman, Jalan Monginsidi, Jalan D.I. Panjaitan dan Letjen Sutoyo agar masuk tol klodran dan keluar tol Kebak Kramat serta Tol Pungkruk.

Dia mengungkapkan sedangkan bagi pengguna jalan yang tidak masuk tol bisa melalui jalan Sumpah Pemuda hingga tembus ke Ringroad Mojosongo Solo.

Pihaknya juga menyebarkan informasi pemudik melalui media sosial milik Polresta Surakarta yaitu Twitter, Instagram, dan Facebook. Hal itu, guna memberikan informasi bagi pemudik yang cepat, tepat, sehingga pemudik bisa aman, nyaman dan berkesan. 

Baca juga: Konsumsi BBM jenis gasoline di Solo Raya naik 12,1 persen

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023