"Kami berharap Pemerintah Aceh dapat segera merealisasikan subsidi BBM."
Banda Aceh (ANTARA News) - Jumlah kendaraan menggunakan angkutan penyeberangan ke Sabang menjelang libur menjeang Tahun Baru 2013  meningkat sekira 30 persen dari hari sebelumnya, demikian catatan PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan/ASDP (Persero) Cabang Banda Aceh, Senin.

Manejer usaha dan teknik PT ASDP (Persero) Cabang Banda Aceh, Rusliwan, saat dihubungi ANTARA News dari Banda Aceh mengatakan, jumlah peningkatan angkutan kendaraan menuju Sabang tersebut menyusul banyaknya warga daratan yang berlibur ke kawasan Sabang.

Disebutkannya, jumlah kendaraan yang diangkut dalam dua hari terakhir ini berada di atas 250 unit dibanding hari biasanya berjumlah di bawah 250 unit.

"Pengangkutan jumlah kendaraan bermotor menjelang libur akhir tahun dari Ulee Lheue menuju Teluk Balohan Sabang mengalami peningkatan," katanya.

Jumlah penumpang yang terangkut menggunakan KMP BRR juga meningkat hingga mencapai 545 orang.

"Untuk pengangkutan penumpang selain kapal lambat KMP BRR juga banyak diangkut oleh kapal cepat," katanya.

Pihaknya berharap masyarakat yang kendaraannya tidak terangkut menjelang libur akhir tahun ini dapat memakluminya sebab jarak tempuh yang dilalui KMP BRR lebih jauh dari sebelumnya.

Dijelaskannya, jarak yang ditempuh KMP BRR saat ini mencapai 30 mil dari sebelumnya hanya 17 mil karena adanya pembenahan infrastruktur pelabuhan di Balohan Sabang.

Rusliwan mengatakan, penambahan jarak tempuh tersebut juga berdampak terhadap biaya operasional yang dikeluarkan PT ASDP dalam setiap pelayaran.

"Kami berharap Pemerintah Aceh dapat segera merealisasikan subsidi BBM dalam upaya menambah jumlah trip dari Banda Aceh menuju Sabang," katanya.

Ia juga mengatakan pihaknya akan mempertimbangkan penambahan trip untuk pengangkutan penumpang dan kendaraan bermotor pada arus balik libur akhir tahun dari Sabang ke Banda Aceh.
(T.KR-IFL)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2012