Kendari (ANTARA News) - Sedikitnya 344 kapal nelayan dan kapal dari unit satu kerja SKPD kabupaten se-Sulawesi Tenggara (Sultra) menigikuti parade teluk yang dipusatkan di "Kendari Beach" Kota Kendari, Senin sore.

Parade kapal yang pertama kali digelar di Kota Kendari itu sekaligus akan dijadikan sebagai kalender tahunan, dan iring-ringan kapal secara resmi dilepas Wali Kota Kendari, Asrun, dalam rangkaian memeriahkan dan menyambut Tahun Baru 2013.

Wali Kota Kendari Asrun yang didampingi sejumalah pejabat SKPD lingkup Provini dan Kota Kendari seperti, Kadis Perikanan Provinsi, Askabul Kijo, Kadis Parawisata dan Kebudayaan Sultra, Zainal Koedoes serta Sekda Kota, Amarullah turun ambil bagian dalam parade kapal teluk.

Sebelumnya, Wali Kota meresmikan kapal rumah terapung PNPM Mandiri binaan dari Dinas Pariwisata Provinsi dan Kota yang kemudian ikut parade membawa sejumlah penjabat daerah.

Ribuan masyarakat Kota Kendari yang ikut menyaksikan parade teluk, kapal-kapal berhias yang kontras dengan biasanya ketika digunakan untuk mencari ikan.

"Pemerintah Sultra, dalam hal ini bapak Gubernur Sultra, telah merangkai satu kegiatan besar dalam menyambut tahun baru ini, salah satunya adalah pagelaran parade kapal nelayan ini," katanya.

Dan pada malam harinya menyambut detik-ditik pergantian tahun, gubernur bersama sejumnlah pejabat dan tamu undangan akan menghadiri pesta kembang api di atas kapal induk yang sudah dipersiapkan.

"Kegiatan semacam ini baru pertama dilakukan dalam menyambut tahun baru di Sultra," kata seraya menambahkan pada sore menjelang malam, panitia juga mengagendakan acara bakar ikan untuk menandakan kekayaan laut Sultra yang melimpah.

(A056)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012