25 orang patroli mobile biar bisa memantau
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto memastikan sedikitnya 175 personel polisi akan disiagakan di Bundaran Hotel Indonesia untuk mengamankan malam pergantian tahun.

"Sehingga total sebanyak 250 personil diterjunkan untuk mengamankan wilayah Bundaran Hotel Indonesia gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Pemadam Kebakaran," kata Kombes Pol Rikwanto di Jakarta, Senin.

Dia mengatakan personil tersebut merupakan gabungan dari beberapa polres di Jakarta.

Menurut Rikwanto, personil polisi bersepeda dan bersepatu roda juga diterjunkan untuk pengamanan HI malam ini. Dia mengatakan jumlahnya sebanyak satu peleton yang akan berkeliling untuk memantau kondisi keamana.

"25 orang patroli mobile biar bisa memantau," ujarnya.

Menurut dia, dalam acara Car Free Night Senin malam, ada sekitar 4.000 personil. Dia mengatakan sepanjang jalan Sudirman dan MH Thamrin ada 18 posko pengamanan yang akan mengamankan 16 panggung hiburan.

"Tiap panggung akan ditempatkan 120 petugas, sehingga total petugas di Jabodetabek sebanyak 10.300 orang," katanya.

Dia juga mengimbau masyarakat agar tidak membawa senjata tajam, senjata api, minuman keras, narkoba, dan petasan. Menurut dia, jika ada masyarakat yang dicurigai maka akan diperiksa dan diamankan.

Dia mengatakan pukul 18.00 jalur lambat sepanjang Jalan Sudirman dan MH Thamrin akan ditutup, menyusul pukul 19.20 jalur cepat, dan pukul 20.00 ditutup total.

Di malam pergantian tahun baru, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar acara Jakarta Night Festival dengan mendirikan 16 panggung untuk berbagai pementasan seni musik dan budaya di sepanjang jalan Sudirman dan jalan MH Thamrin.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya akan memberlakukan malam bebas berkendaraan pada perayaan pergantian tahun baru di sepanjang Jalan Sudirman - Thamrin, Senin (31/12) pukul 21.00 WIB hingga Selasa (1/1) pukul 02.00 WIB.

(I028/A011)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012