Semarang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pelaksanaan arus mudik Lebaran tahun 2023 relatif lancar karena nyaris tidak ada keluhan kemacetan lalu lintas, baik di jalan tol maupun jalur non-tol.
 

“Alhamdulillah ya, suasana Lebarannya begitu terasa, mudiknya relatif lancar,” kata Ganjar usai mengecek arus balik Lebaran 2023 di Gerbang Tol Kalikangkung, Terminal Mangkang, dan Pos Terpadu Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Semarang, Kamis.
 

Kendati demikian, Ganjar mengungkapkan sejumlah titik kemacetan yang muncul dan tidak bisa dihindari saat arus mudik Lebaran, namun bisa segera diurai serta tidak berlangsung lama.
 

“Alhamdulillah masih manageable, sekarang tidak lagi kita mendengar teriakan-teriakan yang keras soal macet-macet yang berkepanjangan,” ujarnya didampingi Pelaksana Tugas Kepala Dishub Jateng Syurya Deta Syafrie.

Baca juga: Ganjar tinjau keberangkatan pemudik dari Stasiun Pasar Senen

Baca juga: Ganjar minta petugas gabungan bersiaga hadapi arus mudik Lebaran


Munculnya titik kemacetan di daerah itu, lanjut dia, disebabkan karena pergerakan lokal yakni warga yang sedang berlibur melakukan perjalanan wisata.

Politikus PDIP itu mengapresiasi seluruh jajaran, khususnya kepada Polri, TNI, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah seperti Dinas Perhubungan yang berkolaborasi secara apik sehingga arus mudik menjadi lancar dan nyaman.
 

“Saya menyampaikan terima kasih dari kepolisian, TNI, Forkopimda, kawan-kawan yang berjaga, pengelola tol yang saya kira mereka semua begadang untuk memberikan layanan yang paling baik. Alhamdulillah, overall lancar,” katanya.
 

Pada arus balik Lebaran 2023, Ganjar mengimbau para pemilir agar berhati-hati dan memastikan kondisi tubuh fit serta kendaraan dalam kondisi laik jalan.
 

Ia mengatakan tidak akan terjadi kepadatan kendaraan selama arus balik sebab sejak H+2 Lebaran sudah banyak warga yang melakukan arus balik.
 

“Kan sudah dicicil ini, kemarin dari pusat juga sudah memerintahkan boleh lho kalau mau di-extend liburnya begitu, cuti begitu,” ujarnya.

Baca juga: Pengelola wisata diminta audit keamanan wahana jelang libur Lebaran

Baca juga: Ganjar kebut pembangunan infrastruktur jalan di Jateng jelang Lebaran

 

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023