Sao Paulo (ANTARA) - Pengadilan Brazil pada Kamis melarang ekspor sapi dalam kondisi hidup dari seluruh pelabuhan di negara tersebut, yang merupakan sebuah keputusan yang disambut gembira kelompok penyayang binatang.

Keputusan yang masih bisa menghadapi banding tersebut disampaikan oleh hakim federal Djalma Gomes pada Selasa.

"Hewan itu bukan barang. Mereka juga mahkluk hidup, individu yang merasakan lapar, haus, sakit, kedinginan, penderitaan dan ketakutan," kata Gomes dalam keputusan tertulis.

Forum Nasional untuk Perlindungan dan Pertahanan Hewan, sebuah lembaga swadaya masyarakat di Brazil, telah mengajukan gugatan ke pengadilan Sao Paulo, berisi tuntutan agar seluruh ekspor sapi hidup dilarang.

Kelompok penyayang binatang menyebut keputusan Gomes tersebut "bersejarah" karena memahami penderitaan yang dialami hewan, yakni kegiatan yang dinilai sama dengan perdagangan manusia pada masa perbudakan.

Menteri Pertanian Brazil Carlos Favaro mengatakan bahwa ia belum berbicara dengan pihak kejaksaan mengenai apakah pemerintah federal akan mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Menurut Favaro, perintah pengadilan harus dipatuhi, tetapi di lain pihak ia juga membela perdagangan ternak Brazil karena pembeli dari luar negeri tidak akan bersedia berinvestasi di bidang peternakan yang berpotensi kehilangan berat selama pengiriman.

Favaro mengatakan bahwa "akomodasi" bagi hewan selama perjalanan cukup memadai dan "mendukung" perkembangan ternak tersebut.

Minerva, perusahaan makanan Brazil dan pemasok sapi hidup terbesar di Amerika Selatan, belum berkomentar terkait keputusan pengadilan tersebut.

Sumber: Reuters

Baca juga: Brazil selidiki kasus penyakit sapi gila

Baca juga: Ada penyakit sapi gila, Brazil hentikan ekspor daging ke China

Penerjemah: Atman Ahdiat
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023