Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan mengatakan, kerja keras Polri telah mampu melancarkan arus mudik dan balik libur Lebaran 2023.

"Arus mudik dan arus balik tahun 2023 sangat lancar. Motto 'Mudik Aman Berkesan' telah tercapai," kata Edi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan, kelancaran arus mudik dan balik ini tentu membuat nyaman masyarakat yang merayakan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman.

"Semua itu bisa terwujud karena kerja keras seluruh jajaran Polri dan didukung seluruh instansi terkait," ujarnya.

Menurut dia, berbagai rekayasa lalu lintas yang dilakukan seluruh jajaran Polri mulai dari Korps Lalu Lintas Polri, dan seluruh Polda turut memberikan kenyamanan kepada masyarakat yang mudik.

Baca juga: Warga apresiasi kinerja Polri dan pemerintah amankan Mudik 2023

Kehadiran Presiden Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memantau langsung jalur mudik di berbagai wilayah semakin membuat personel Polri termotivasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang mudik, katanya.

Menurut dia, pengamanan dan kesiapan jajaran Polri tahun ini lebih baik dan lebih siap jika dibanding tahun sebelumnya.

"Polri banyak melakukan rekayasa lalu lintas ketika melihat ada jalur yang tersumbat. Terima kasih kepada Polri yang sudah bekerja keras melayani masyarakat," kata pemerhati Kepolisian ini.

Sebelumnya, Divisi Humas Polri pada Kamis merilis bahwa masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023 puas atas kinerja Polri karena arus mudik dan arus balik berjalan lancar.

Seorang pemudik yang menggunakan transportasi darat, Deniati menyatakan, kelancaran arus mudik tersebut berkat kesiapan aparat kepolisian dalam memberlakukan kebijakan rekayasa lalu lintas.

Baca juga: Pemudik puas atas kinerja Polri arus mudik dan balik berjalan lancar

Firdaus, pemudik tujuan Pulau Sumatra via Pelabuhan Merak, Banten, mengatakan pengamanan dan pelayanan pada Lebaran tahun ini lebih baik serta optimal dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Kesannya mudik tahun ini serasa beda jadi lancar meskipun ibarat sudah titik puncak kemacetan. Alhamdulillah tidak terkendala kemacetan karena terorganisir, dari polisi dibatasi jalannya dan dari Jakarta ke Jabar lancar sejauh ini," kata Firdaus.

Firdaus menyebutkan, kelancaran juga dirasakan di pelabuhan karena tidak ada calo tiket.

Selain itu, pengaturan lalu lintas di pelabuhan juga dinilai telah terorganisir dengan baik, sehingga kemacetan parah di jalur laut tidak ditemukan pada libur Lebaran tahun ini.

Pemudik yang menggunakan transportasi umum dari Pulau Sumatra ke Jawa, Tiwi, menyampaikan bahwa ia tidak lagi merasa khawatir terhadap tindakan kejahatan berkat adanya penjagaan dan pengamanan dari aparat di berbagai titik yang berpotensi rawan tindak kejahatan.

Pewarta: Santoso
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023