Borobudur, Jawa Tengah (ANTARA News) - Puluhan wisatawan nusantara dan mancanegara menyaksikan matahari terbit pada hari pertama 2013, Selasa, dari Bukit Punthuk Setumbu, sekitar 3 kilometer dari Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dari bukit dengan ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut itu dan dengan latar pemandangan alam kawasan Candi Borobudur, wisatawan menikmati keindahan matahari terbit yang mulai terlihat sekitar pukul 05.25 WIB. Proses terbitnya matahari pada awal tahun baru ini berlangsung sekitar 30 menit.

Ketua Badan Pariwisata Desa Karangrejo Walidi mengatakan bahwa sekitar 80 wisatawan dan warga sekitar menyaksikan matahari terbit dari Punthuk Setumbu.

"Sejak tadi malam (31/12), sudah ada yang naik untuk menginap di atas, sekitar delapan wisatawan. Pagi ini, tadi mulai pukul 04.00 WIB, sebagian besar pengunjung lainnya mulai naik untuk melihat matahari terbit, sekitar 25 orang adalah wisman," katanya.

Ia mengatakan bahwa pada hari biasa, sekitar 20 wisatawan menyaksikan keindahan matahari terbit dari bukit tersebut.

Bukit Punthuk Setumbu terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur itu sejak beberapa tahun terakhir dikembangkan oleh masyarakat kawasan Candi Borobudur sebagai lokasi pariwisata. 

(M029/D007)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013