diprediksi puncak arus baliknya pada H+7
Pangkalpinang (ANTARA) - Penumpang angkutan udara di Bandara Depati Amir Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada H+5 Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah sebanyak 3.801 atau mengalami penurunan dibandingkan H+4 sebanyak 4.081 penumpang.

"Pada H+5 ini memang mengalami penurunan dibandingkan hari sebelumnya dan diprediksi puncak arus baliknya pada H+7," kata General Manager Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang Mochammad Adiwiyatno di Pangkalpinang, Jum'at.

Ia mengatakan meski pada H+5 jumlah penumpang berangkat dan datang mengalami penurunan, namun untuk jumlah penerbangan justru meningkat dibandingkan hari sebelumnya.

"Pada H+5 kita total ada 30 penerbangan, sedangkan H+4 ada total 28 penerbangan tapi jumlah penumpangnya pada H+4 lebih tinggi," katanya.

Baca juga: Pemudik pada H-1 di Bandara Pangkalpinang ramai
Baca juga: Polres Bangka Barat siapkan bus bantu warga di Pelabuhan Tanjungkalian

Ia menjelaskan pada H+5 penumpang berangkat dan datang melalui Bandar Udara Depati Amir didominasi dari pintu keberangkatan.

"Pada pintu keberangkatan jumlah penumpang mencapai 2.006 sedangkan pada pintu kedatangan sebanyak 1.793," katanya.

Ia menambahkan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya H+5 pada 2022 yakni sebanyak 5.485 penumpang juga mengalami penurunan.

"Penurunan ini karena faktor jumlah penerbangan yang lebih banyak yakni 40 penerbangan, sementara pada H+5 2023 sebanyak 30 penerbangan," katanya. 

Baca juga: Gubernur: Puncak arus balik di Belitung pada H+3
Baca juga: Kapolda Babel pantau pelayanan arus balik Pelabuhan Tanjungpandan

Pewarta: Aprionis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023