Jakarta (ANTARA News) - Timnas Zimbabwe kemungkinan tidak akan bisa mengikuti kualifikasi Piala Dunia 2014, karena asosiasi sepakbolanya bangkrut dan tidak bisa membiayai perjalanan ke Mesir bulan Maret mendatang.

Wakil Presiden Zimbabwe Football Association (Zifa) Ndumiso Gumede mengatakan FIFA sudah memperingatkan mereka untuk melunasi hutan yang sekarang total mencapai tiga juta euro atau sekitar Rp38,4 miliar. "FINA meminta kita tidak mengikuti pertandingan kecuali kita mendapat jaminan penuh dari pemerintah atau sponsor yang menyediakan dana untuk akomodasi, biaya pertandingan dan biaya tak terduga," katanya kepada reporter seperti dikutip laman Goal.

"Kecuali pemerintah masuk dan mendanai pertandingan melawan Mesir, lebih baik kita membayar denda besar sekitar 50 ribu dolar AS ke FIFA harus utang besar lagi untuk bertanding," katanya.

Menurut dia, ketegasan FIFA telah memaksa mereka meninjau kesertaan dalam pertandingan internasional dan Zifa sekarang memutuskan mundur dari pertandingan dan kompetisi tanpa dukungan finansial.

Negara itu sudah membatalkan kesertaan tim U20 dan U17 dari kompetisi karena ketiadaan biaya.

(lod)

Penerjemah: M Baghendra Lodra
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013