Saya dua jam berjibaku dengan kemacetan
Jakarta (ANTARA News) - Pengunjung memadati Taman Margasatwa Ragunan di Jakarta Selatan, Selasa, memanfaatkan waktu liburan awal tahun 2013.

Membludaknya pengujung dan kendaraan yang memasuki Ragunan menyebabkan kemacetan lalu lintas di Jalan TB Simatupang hingga putaran pintu kedua tempat wisata itu.

Murahnya harga tiket masuk yang hanya Rp4.000 menjadi salah satu alasan warga memilih Ragunan sebagai tujuan liburan mereka, sementara pihak pengelola menargetkan 100.000 pengunjung hari ini.

"Tiket masuknya sangat murah dibanding tempat-tempat wisata lain," kata Fatimah, ibu tiga anak yang datang ke Ragunan bersama keluarganya dari Ciputat dengan menggunakan kendaraan umum.

Fatimah juga mengatakan bahwa Taman Margasatwa Ragunan menawarkan tempat liburan yang lebih edukatif bagi anak-anaknya dibanding tempat-tempat wisata lain.

Rinto, seorang pemuda yang berkunjung bersama empat temannya mengeluhkan kemacetan lalu lintas di perjalanan. Dia juga mengaku harus memarkir kendaraan sekitar satu kilometer dari pintu masuk.

"Saya dua jam berjibaku dengan kemacetan, padahal tempat tinggal saya sebetulnya dekat di kawasan Taman Mini Indonesia Indah," kata Rinto.

Sebelumnya, staf Hubungan Masyarakat Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang, mengatakan bahwa pada liburan tahun baru, jumlah pengunjung biasanya mencapai 100.000 orang.

Wahyudi memperkirakan angka tersebut dapat naik pada tahun ini. "Jika antusiasme masyarakat Jakarta tetap sama seperti tahun lalu, maka bisa jadi tahun ini jumlah pengunjung akan naik melampaui 100.000 orang."

Lonjakan pengunjung juga terjadi pada saat libur Natal yang jumlahnya mencapai 60.000 pengunjung.

Pengelola Ragunan sudah mengantisipasi lonjakan pengunjung dengan menambah lahan parkir dan personel keamanan dari kepolisian.

(G005)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013