Negara (ANTARA News) - Meskipun belum sampai terjadi antrean panjang, arus balik dari wisatawan domestik mulai memadati Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali, Selasa sore.

"Arus balik dari mobil pribadi mulai ramai memasuki pelabuhan, tapi belum sampai terjadi antrean," kata Manajer Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Gilimanuk, Wahyudi Susianto saat dikonfirmasi pukul 15.20 wita.

Meskipun belum ada antrean panjang, Wahyudi mengaku, pihaknya tetap mengoperasikan 30 unit kapal, untuk mengantisipasi sewaktu-waktu terjadi lonjakan penumpang dan kendaraan yang menyeberang di Selat Bali.

Sementara terkait cuaca di Selat Bali, Wahyudi mengatakan, diguyur hujan namun belum sampai memaksa pihaknya untuk menutup sementara pelayaran.

Pihak pelabuhan dan Polsek Kawasan Laut Gilimanuk menjelang berakhirnya liburan panjang, mengantisipasi lonjakan kendaraan yang hendak balik ke Jawa.

"Kalau kami lihat antrean cukup panjang selama beberapa hari di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, yang berasal dari kendaraan wisatawan domestik yang masuk ke Bali, saat arus balik kami perkirakan juga akan padat," kata Kapolsek Kawasan Laut Gilimanuk, Kompol Made Prihenjagat.

Prihenjagat juga memprediksi, arus balik akan terjadi pada selasa sore, setelah wisatawan domestik merayakan pergantian tahun di Bali.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013