Sorong (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya (Pemprov PBD) memastikan dalam waktu dekat akan ada penyerahan pengalihan status personil, pembiayaan sarana dan prasarana serta dokumen (P3D) dari Provinsi Papua Barat.

Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa'ad di Sorong, Jumat, menjelaskan bahwa kepastian ini telah dibangun melalui komunikasi yang baik di antara kedua penjabat gubernur.
 
"Kita sudah membangun komunikasi baik dengan Pemerintah Provinsi Papua Barat soal P3D," jelas Penjabat Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa'ad.
 
Muhammad Musa'ad memastikan bahwa komunikasi yang telah dibangun, telah disepakati bersama untuk bertemu pada momen peringatan hari otonomi daerah di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan dalam waktu dekat.
 
"Di sana kita akan berkoordinasi terkait dengan persiapan penyerahan P3D, di situ kita akan sepakati bersama," kata Musa'ad.

Jadi, kata dia, proses penyerahan P3D ini terealisasi setelah ada pembahasan persiapan di Makassar, sehingga nantinya secara resmi ada penyerahan di Manokwari, Provinsi Papua Barat.
 
"Nanti setelah kita bahas bersama di Makassar, maka saya akan ke Manokwari bersama tim untuk menerima penyerahan P3D dari provinsi induk,” ungkap Musa'ad.
 
Sejauh ini, sebut Musa'ad, belum ada keputusan soal waktu yang tepat terkait pertemuan di Makassar, namun hanya melalui penegasan bahwa pembahasan penyerahan P3D akan dilaksanakan tepat bersamaan dengan momen peringatan hari otonomi daerah.
 
"Jadi kita tetap menunggu, namun yang pastinya dalam waktu dekat penyerahan P3D akan dilaksanakan," demikian Musa'ad.

Baca juga: Warga Kabupaten Sorong diseru perkuat toleransi di momentum Lebaran
Baca juga: Papua Barat Daya siapkan dua lokasi pembangunan perkantoran
Baca juga: Bulog mulai salurkan bantuan beras di wilayah Papua Barat Daya

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023