Siak, Riau, (ANTARA) - Bupati Siak, Provinsi Riau, Alfedri meminta kepada dinas lingkungan hidup (DLH) setempat untuk menyiapkan banyak tong sampah di setiap tempat wisata yang ada, khususnya tempat wisata baru "Skywalk" Tengku Buwang Asmara, Kecamatan Mempura.

Pada libur Lebaran tempat wisata yang ada jembatan kacanya itu didatangi rata-rata 10 ribu orang per hari. Namun Alfedri melihat banyak sampah yang berserakan usai ditinggal pengunjung yang datang siang dan malam hari.

"Petugas kebersihan memang ditugaskan di sana, namun mereka kerja mulai pagi. Sementara tempat wisata kita buka sampai pukul 22.00 WIB malam. Seharusnya kita sediakan tong-tong sampah, saya minta DLH menyiapkan," kata Alfedri, Jumat.

Bupati menambahkan perlu juga disediakan tong-tong sampah di setiap titik khususnya. Titik pertama pengunjung turun di parkiran, lokasi masyarakat berjualan, termasuk titik-titik lainnya.

Baca juga: Wabup Siak ingatkan rumah makan tampilkan harga saat libur lebaran

Baca juga: Istana Siak dikunjungi 25 ribu lebih wisatawan saat libur Lebaran


”Jika ada tong tersedia, pengunjung pasti tidak buang sampah sembarangan. Coba disurvei dulu, nanti bekerja sama dengan dinas terkait untuk mengangkutnya ke tempat pembuangan akhir,” ujar dia.

Pemkab Siak lanjutnya akan terus melengkapi sarana prasarana pendukung Skywalk Tengku Buwang Asmara mulai dari akses jalan masuk. Lalu parkir, lampu penerang, rambu-rambu jalan menuju tempat wisata serta sarana penunjang lainnya.

"Kami juga minta masyarakat sekitar tempat wisata juga menjaga kebersihan dan peduli terhadap keamanan dari tangan-tangan yang tak bertanggung jawab. Sehingga pengunjung yang datang dari luar akan terkesan dan kembali datang," harapnya.

Dari data yang didapat jumlah kunjungan libur Lebaran tahun 2023 pada Lebaran kedua (23/4) ada sebanyak 9.932 orang di Skywalk TBA. Sedangkan pada Senin (24/4) baru tercatat sekitar 12 ribu orang memadati tempat wisata tersebut mengalahkan Istana Siak yang dikunjungi masing-masing 5 ribu dan 7 ribu pada libur Lebaran pertama dan kedua.

Baca juga: Polres Siak perbanyak "scotlight" spanduk di lokasi rawan kecelakaan

Baca juga: Siak hadirkan bus wisata dengan ornamen Istana Assereyah

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023