Petasan itu kita sita dari para pedagang di Pasar Cikarang, Pasar Tambun dan Pasar Cibitung,"
Bekasi (ANTARA News) - Polresta Bekasi, Jawa Barat, menyita ribuan petasan berdaya ledak ringan dan besar dari sejumlah pasar tradisional di wilayah setempat pada malam perayaan tahun baru 2013.

"Petasan itu kita sita dari para pedagang di Pasar Cikarang, Pasar Tambun dan Pasar Cibitung," kata Kabaghumas Polresta Bekasi AKP Bambang, di Cikarang, Selasa.

Menurut dia, petasan tersebut terdiri dari jenis Janwe, air mancur dan bahkan petasan rentet yang biasa digunakan untuk hajatan khitanan dan pernikahan.

Razia yang dilakukan seluruh personel Polsek di Kabupaten Bekasi tersebut berdasarkan laporan masyarakat tentang adanya pedagang petasan dalam jumlah banyak dan dianggap mengkhawatirkan warga.

"Ini merupakan kegiatan rutin dalam operasi Lilin hari raya Natal dan malam pergantian tahun," katanya.

Bambang menambahkan, tidak ada satupun pedagang yang ditangkap selama razia petasan yang dilakukan pihaknya. "Pedagang hanya kami kasih pengarahan saja dan petasannya kami sita," ujarnya.

Sementara itu, ribuan petasan hasil razia selama kurang lebih seminggu ini disimpan di dalam tong dan halaman parkir Polresta Bekasi Kabupaten untuk segera dimusnahkan.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti meledak, petugas menyiram ribuan petasan daya ledak besar itu dengan air," katanya.

(ANT)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013