Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Jumat (28/4), mulai dari KPU rancang metode penghitungan suara dua panel hingga Partai Gerindra dan PKB tegaskan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) solid.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. KPU rancang metode penghitungan suara dua panel pada Pemilu 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) merancang metode dua panel penghitungan suara untuk Pemilu 2024 guna mencegah insiden banyaknya petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) meninggal dunia seperti pada Pemilu 2019.

"Kami merancang kebijakan penghitungan suara dengan metode panel, di mana pelaksanaan penghitungan suara itu dibagi dalam dua panel," kata Anggota KPU RI Idham Holik kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

2. Prabowo: KKIR sangat solid

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan bahwa partainya sangat solid bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Hal tersebut disampaikan Prabowo usai menjamu kunjungan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar selaku rekan koalisinya di kediamannya, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat sore.

Selengkapnya baca di sini.

3. PDIP-PPP akan siapkan langkah ajak parpol lain dukung Ganjar Pranowo

PDI Perjuangan bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan menyiapkan langkah untuk bersama-sama mengajak partai politik lainnya mendukung bakal calon presiden RI Ganjar Pranowo dalam ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"PDI Perjuangan dan PPP bersama-sama mengajak parpol lainnya untuk bergabung dalam dukungan pencapresan Ganjar Pranowo," ujar Sekretaris Jenderal PPP Arwani Thomafi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

4. Waketum Golkar: Pertemuan KIB belum putuskan capres

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Firman Soebagyo mengatakan pertemuan anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada Kamis (27/4) malam belum memutuskan secara resmi figur calon presiden (capres) yang akan didukung koalisi tersebut di Pilpres 2024.

"Capres KIB belum diputuskannya walaupun Golkar telah memutuskan Airlangga sebagai capres melalui musyawarah nasional dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mencalonkan (Gubernur Jawa Tengah) Ganjar Pranowo sebagai capres," kata Firman, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

5. Otorita IKN sambut positif Penajam bangun identitas Serambi Nusantara

Otorita Ibu Kota Nusantara menyambut positif Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, membangun identitas dengan Slogan "Serambi Nusantara" seiring pemindahan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke sebagian wilayah di daerah itu, yakni Kecamatan Sepaku.

"Masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara pasti memiliki banyak harapan dengan kepindahan ibu kota negara Indonesia sehingga memberi slogan daerah sebagai 'Serambi Nusantara'," kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono di Penajam, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023