... ingin menunjukkan sikap moral, tidak semua bakso itu mengandung daging babi dan masih banyak bakso yang halal... "
Jakarta (ANTARA News) - Dukungan moral kepada pedagang alias tukang bakso diberikan para hakim Mahkamah Konstitusi di Jakarta. Mereka beramai-ramai makan bakso, untuk menangkal isu kandungan daging babi hutan sebagai bahan campuran bakso. 

"Kami ingin menunjukkan sikap moral, tidak semua bakso itu mengandung daging babi dan masih banyak bakso yang halal," kata Ketua MK, Mahfud MD, dalam acara Laporan Kinerja 2012, di Jakarta, Rabu.

Kepudulian MK ini diwujudkan dengan mengundang sekitar delapan pedagang bakso untuk menghidangkan dagangannya kepada seluruh hakim MK beserta seluruh karyawannya dan wartawan di aula gedung MK.

Menurut Mahfud, maraknya isu bakso mengandung daging babi belakangan ini telah menurunkan omset para pedagang bakso di seluruh Indonesia, yakni hampir 50 persen.

"Lagi pula, di daerah pun tidak mudah untuk mendapatkan daging babi. Jadi, ini hanya isu kecil saja yang tidak perlu dibesar-besarkan," kata Mahfud.

Demi melindungi dan memberi rasa aman bagi para penikmat masakan yang satu ini, Mahfud mengimbau agar Majelis Ulama Indonesia (MUI) harus menentukan bagaimana ukuran soal haram dan halalnya sebuah bakso. "Dan bagaimana harus mengontrolnya," kata Mahfud.  (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013