Perserikatan Bangsa-Bangsa (ANTARA) - Organisasi terbesar internasional di dunia, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), mengutuk serangan udara mematikan yang menewaskan dan melukai puluhan warga sipil, termasuk balita, di Ukraina.

Sedikitnya 14 orang, termasuk balita berusia tiga tahun, tewas pada Jumat (28/4) dalam serangkaian serangan rudal Rusia di kota-kota Ukraina, menurut Menteri Dalam Negeri Ihor Klymenko.

Penjabat koordinator kemanusiaan PBB di Ukraina, Matthew Hollingsworth, mengatakan bahwa serangan membabi buta terhadap wilayah sipil harus dihentikan.

"Ini adalah pengingat penting bahwa warga sipil dan infrastruktur sipil dilindungi di bawah hukum internasional dan kemanusiaan, dan mereka tidak boleh menjadi sasaran," kata Juru Bicara PBB Stephane Dujarric kepada wartawan.

Serangan maut juga dilaporkan terjadi di Kota Donetsk, yang dikuasai Rusia.

Sebuah rudal menghantam bus yang ditumpangi warga sipil di pusat Donetsk dan menyebabkan tujuh korban tewas dan delapan lainnya luka-luka, kata Wali Kota Donetsk Alexey Kulemzin kepada kantor berita Rusia TASS.

Menurut data PBB, lebih dari 8.500 warga sipil Ukraina tewas dan 15.000 orang lainnya terluka sejak Rusia melancarkan perang terhadap Kiev pada 24 Februari 2022.


Sumber: Anadolu

Baca juga: Serangan Rusia tewaskan satu, lukai 23 di kota Ukraina selatan

Baca juga: Rusia dan Ukraina tukar tahanan 82 tentara dan dua warga sipil

 

Hidup warga Ukraina berlanjut di dekat arena tempur

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2023