Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Rampai Nusantara Mardiansyah mengapresiasi Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo yang mengoptimalkan pelayanan dan pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

"Mudik tahun ini jalanan sangat lancar, ada pengamanan, dan semuanya telah diatur dengan baik oleh kepolisian," kata Mardiansyah dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Pengamanan, pelayanan, serta pengaturan lalu lintas arus mudik dan arus balik Lebaran 2023, menurut dia, jauh lebih baik dan dikelola dengan rapi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Dalam perjalanan saja, sudah banyak anggota polisi di pinggir jalan yang siap siaga membantu kalau ada kesusahan atau apa pun itu," tambahnya.

Dia menambahkan Listyo Sigit telah mengeluarkan aturan dan kebijakan yang tepat dalam menangani arus mudik dan arus balik, di mana jumlah pemudik sangat tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga: Terminal Kampung Rambutan sebut ada 38.075 pemilir hingga H+5 Lebaran

"Kebijakan kapolri dan kesigapan jajarannya sangat baik, karena sebelumnya dikhawatirkan arus mudik dan arus balik tahun ini akan ada berbagai kendala," katanya.

Dia menyatakan Rampai Nusantara sebagai bagian dari masyarakat memberikan apresiasi kepada Listyo Sigit Prabowo.

Beberapa kebijakan yang perlu diapresiasi ialah rekayasa lalu lintas, seperti penerapan sistem satu arah (one way) di beberapa ruas tol, diskon tarif jalan Tol Trans Jawa pada tanggal-tanggal tertentu, serta imbauan untuk menunda arus balik agar tidak menumpuk kepadatan di jalan.

"Terima kasih buat kapolri dan pemerintah dengan berbagai kebijakannya, yang sudah mengamankan arus mudik dan balik," ujar Mardiansyah.

Baca juga: Arus balik diprediksi masih tetap ada dalam dua pekan mendatang
Baca juga: Rest Area Heritage KM260B tingkatkan sekuriti sambut puncak arus balik

Pewarta: Fauzi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023