Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo memfasilitasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) guna melantik anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum di Luar Negeri (Panwaslu LN) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Tokyo, Jumat (28/4).

Pelantikan dilakukan pada tiga anggota Panwaslu LN wilayah Tokyo, tiga anggota Panwaslu LN wilayah Osaka, dan tiga anggota Panwaslu LN wilayah Seoul di Korea Selatan.

“Mari bersama kita kawal seluruh proses dan tahapan Pemilu 2024 agar berlangsung lancar dan kondusif,” kata Wakil Dubes John Tjahjanto Boestami menurut siaran pers yang diterima ANTARA, Sabtu.

Wakil Duta Besar John Tjahjanto Boestami mengatakan bahwa KBRI Tokyo mendukung penuh Panwaslu LN maupun Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) wilayah Jepang untuk kelancaran tugas pelaksanaan Pemilu 2024.

Dia juga menyampaikan agar Panwaslu LN melakukan tugas dengan penuh tanggung jawab serta berpegang teguh pada kode etik penyelenggaraan Pemilu agar menghasilkan demokrasi yang berkualitas.

Pengambilan sumpah anggota Panwaslu LN dipimpin langsung oleh anggota Bawaslu Herwyn Jefler Hielsa Malonda dan dilakukan sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Herwyn mengatakan bahwa Panwaslu LN adalah bagian penting dari keberhasilan Pemilu dan semua pengawas Pemilu dituntut memiliki integritas dalam menjalankan tugas.

Anggota Bawaslu tersebut mengingatkan bahwa penting untuk Panwaslu LN untuk selalu melakukan konsolidasi maupun koordinasi dengan pihak terkait untuk mengoptimalkan tugas pengawasan pada penyelenggaraan tahapan Pemilu.

“Lakukan koordinasi kepada jajaran Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) sebagai mitra kerja kita. Lakukan konsultasi dengan kantor perwakilan RI dimanapun di tempat Anda bertugas,” ujar Herwyn.

Anggota Panwaslu LN yang dilantik untuk wilayah Tokyo adalah Tun Ahmad Gazali, Slamet Kristanto Tirto Utomo, dan Muhammad Arief Hidayat.

Untuk Panwaslu LN di wilayah Osaka adalah Okie Dita Apriyanto, Muhammad Salman Al Farisi, dan Hermawan.

Sedangkan untuk Panwaslu LN di wilayah Seoul, Korea Selatan adalah Adrianus, Heri Akhmadi, dan Herowati Sitorus.

Turut menghadiri acara pelantikan Panwaslu LN adalah Sekretaris Inspesktorat Jenderal Kementerian Luar Negeri Azis Nurwahyudi, anggota Bawaslu Puadi dan staf, serta jajaran pejabat KBRI Tokyo.

Baca juga: KBRI Tokyo upayakan kontribusi konkret 65 tahun Indonesia-Jepang
Baca juga: KBRI Tokyo: Aksi WNI selamatkan anak tenggelam patut dicontoh
Baca juga: KBRI Tokyo tawarkan pebisnis Jepang peluang investasi di Bali

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023